visitaaponce.com

Bell-Haynes Senang Kanada Raih Kemenangan Kedua Beruntun

Bell-Haynes Senang Kanada Raih Kemenangan Kedua Beruntun
Pebasket timnas Kanada Trae Bell-Haynes (kiri) dalam laga Kejuaraan Dunia Bola Basket melawan Libanon di Indonesia Arena.(AFP/ADEK BERRY )

POINT  guard timnas Kanada Trae Bell-Haynes gembira setelah timnya mampu menjaga momentum positif dengan kembali meraih kemenangan telak di gim kedua Grup H Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 melawan Libanon dengan skor 128-73 atau dengan selisih 55 poin di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (27/8).

Kemenangan itu menjadi kemenangan kedua setelah Kanada menang di gim pertama saat menjamu Prancis dengan skor 95-65 atau selisih 30 poin.

"Saya sangat gembira karena kami menjaga momentum kami. Kami berbicara tentang memastikan tidak ada penurunan, menjaga momentum tetap berjalan. Kami melakukan pekerjaan dengan baik dalam menyerang dan menyerang," kata Bell-Haynes di jumpa pers seusai pertandingan.

Baca juga: Kalah dari Latvia, Prancis Tersingkir dari Kejuaraan Dunia Bola Basket

Pada pertandingan itu, hampir semua tim Kanada bermain bagus dengan menciptakan setidaknya 10 poin.

Pemain yang mencetak minimal 10 poin dari Kanada di antaranya adalah Bell-Haynes (15 poin), Nickeil Alexander (12 poin), Shau Gilgeous (12), Melvin Ejim (13), RJ Barret (17), Kyle Alexander (10), Kelly Olynyk (12), Zach Edey (12), dan Dillon Brooks (10).

"Saya melihat semua orang bermain bagus, bermain bebas. Saya senang kami terus mempertahankannya dan mudah-mudahan kami dapat terus melakukannya," ucap Bell-Haynes.

Baca juga: Fofana Akui Pantai Gading Buat Banyak Kesalahan Saat Lawan Spanyol

"Dalam turnamen seperti ini, ini adalah sebuah perjalanan. Kami akan menjadi jauh lebih baik daripada hari ini di pertandingan berikutnya dan pertandingan berikutnya setelahnya," tambahnya.

Selain tampil trengginas dengan mencetak banyak poin pada laga melawan runner-up Piala Asia Bola Basket 2022 itu, Kanada juga menorehkan tersendiri karena membuat rekor dengan menorehkan assist terbanyak dalam satu gim Kejuaraan Dunia Bola Basket yaitu 44 assists.

Rekor ini melampaui rekor yang mereka buat sendiri pada edisi Kejuaraan Dunia Bola Basket 2019 saat mereka mencatatkan 37 assists saat melawan Yordania.

Bell-Haynes memimpin perolehan assist dengan 8 assists, diikuti Nickeil Alexander dengan 7 assists, dan juga Shai Gilgeous, Kelly Olynyk, dan Phill Scrubb yang masing-masing memberikan 5 assists.

"Trae baru saja bilang kami bermain bersama, kami berbagi bola basket. Saya pikir kalian melihatnya. Sebanyak 44 assists dan 215 turnover merupakan rekor di Kejuaraan Dunia. Saya pikir tim terakhir yang memiliki rekor tersebut adalah Kanada dengan 37. Ini menunjukkan bahwa berbagi adalah kepedulian," kata pelatih Kanada Jordi Fernandez.

"Para pemain ini siap bermain dengan cara yang benar, bermain dengan umpan. Dalam permainan seperti ini, terkadang tim memiliki kecenderungan untuk melakukannya sendiri dan mencoba menggiring bola terlalu banyak," lanjutnya.

Di laga terakhir, Kanada akan menghadapi Latvia pada Selasa (29/8) pukul 20.30 WIB. Meski telah mengantongi dua kemenangan, Fernandez ingin meneruskan tren positif timnya untuk kemudian menyapu bersih seluruh laga di Grup H dengan kemenangan.

"Kita harus bersiap menghadapi mereka. Dan kami akan bermain sangat keras melawan mereka selama 40 menit. Karena mereka sangat bagus, seperti yang saya katakan sebelumnya," pungkas Fernandez. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat