visitaaponce.com

Target Kejuaraan Dunia Meleset, PBSI Lakukan Evaluasi

Target Kejuaraan Dunia Meleset, PBSI Lakukan Evaluasi
Apriyani Rahayu/Siti Fadia meraih medali perak di kejuaraan Dunia BWF 2023(Dok. PBSI)

SKUAD bulu tangkis Indonesia tak mencapai target dua gelar yang dibidik pada ajang Kejuaraan Dunia BWF 2023. PP PBSI mengalihkan fokus agar para pemain memetik pelajaran dan bersiap menatap turnamen level 1000 Tiongkok Terbuka yng bergulir pekan depan.

Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky menyebut secara umum gagal memenuhi target di Kejuaraan Dunia 2023. Hanya Apriyani Rahayu/Siti Fadia di ganda putri yang maju ke final dan membawa pulang medali perak sedangkan sektor yang lain tidak berhasil mencapai target.

"Mereka semua sebenarnya sudah tampil maksimal, namun belum cukup mengantarkan pemain-pemain Indonesia terus melaju ke babak akhir untuk jadi juara," ujar Rionny, Senin (28/8).

Baca juga : Pelatih Apresiasi Capaian Apriyani/Fadia

"Kegagalan ini harus menjadi pelajaran penting agar tidak gagal lagi di kejuaraan-kejuaraan penting dan event lainnya ke depan. Kita harus segera bersiap lagi menghadapi kejuaraan-kejuaraan selanjutnya," imbuhnya.

Di sektor ganda putra, Rionny menyebut pemain sudah tampil optimal dan menunjukkan yang terbaik. Di ganda putra, ada tekanan yang sedemikian berat ke para pemain.

Baca juga : Pelatih Pastikan Apri/Fadia Tuai Pelajaran dari Final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

"Fajar/Rian tak bisa maksimal. Padahal keduanya jadi ujung tombak. Mereka mendapat tekanan, sehingga power, speed, dan fokus tak bisa mengatasi lawan. Memang sudah bisa menyerang tapi tak tembus," ucap Rionny.

Di ganda campuran, ujar Rionny, harus diakui pemain-pemain Merah Putih saat ini kalah kelas. Pasangan Indonesia bisa memberikan melawan tetapi belum mampu mengalahkan pasangan posisi top empat besar dunia.

"Untuk semua sektor, dan khususnya tunggal putra, pemain harus lebih menyadari bahwa tampil di Kejuaraan Dunia itu berbeda. Prestasinya sangat diharapkan dan ditunggu masyarakat Indonesia. Target itu jangan jadi beban, tetapi ini membawa tanggung jawab bagaimana harus bisa tampil bagus dan juara," tukasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat