visitaaponce.com

Gelaran PON XXI Bisa Jadi Rahmat bagi Masyarakat Aceh

Gelaran PON XXI Bisa Jadi Rahmat bagi Masyarakat Aceh
Ketua Umum KONI Aceh Kamaruddin Abubakar(Ist)

KETUA Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Kamaruddin Abubakar menyatakan gelaran PON XXI di Aceh dan Sumatra Utara pada 2024 mendatang bisa menjadi rahmat tersendiri bagi masyarakat olahraga di Aceh.

Pasalnya, bakal terbangun venue-venue cabang olahraga yang berstandar nasional seperti halnya penyelenggaraan PON XX di Papua pada 2021 lalu.

Baca juga: PON 2024 Bakal Diikuti 38 Provinsi

Namun, Kamaruddin menilai, sampai saat ini belum ada pergerakan secara masif terkait gelaran PON XXI.

"Sejauh ini, nyaris tidak ada pergerakan apapun di lapangan terkait Aceh sebagai tuan rumah PON XXI," kata Kamaruddin dalam keterangannya, hari ini.

Dia memaparkan pemerintah Aceh juga belum melakukan langkah-langkah konkret terkait persiapan sebagai tuan rumah PON XXI, baik dari segi anggaran, panitia daerah, infrastruktur, maupun promosi kegiatan. 

Baca juga: Dua Atlet Anggar Sulawesi Tengah Kunci Tiket PON 2024

Padahal, waktu penyelenggaraan PON XXI tinggal tersisa dalam hitungan bulan. "Saya meragukan PON XXI di Aceh akan terlaksana," ungkap dia.

Ia juga menyampaikan saat ini pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk persiapan atlet Aceh terjun di PON XXI terhenti kegiatannya lantaran keterbatasan dana.

"Persoalan ini mestinya segera diatasi. Proyek strategis nasional ini juga seharusnya menjadi event momen perpisahan Presiden Jokowi dengan rakyat Aceh," tutupnya.

Baca juga: 681 Pesilat Berebut Kualifikasi PON Aceh di Kejurnas di Solo

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat berkunjung ke Provinsi Aceh guna melihat langsung lokasi sejumlah arena PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Bumi Serambi Mekah awal Agustus lalu, menjelaskan provinsi Aceh memiliki aset yang sudah bagus sehingga pihaknya terus memperbarui dan memaksimalkan sarana dan prasarana yang telah ada dan belum termanfaatkan dengan baik.

"Proses penyelenggaraan sudah berjalan, kita tentu optimistis waktunya sangat cukup untuk mengejar penyelenggaraan PON," pungkas Dito, di Banda Aceh. (RO/Dhk/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat