visitaaponce.com

Max Verstappen Menang dalam Balapan Sprint Grand Prix Amerika Serikat

Max Verstappen Menang dalam Balapan Sprint Grand Prix Amerika Serikat
Juara Dunia Max Verstappen menang balap sprint GP AS dengan catatan waktu 9.465 detik.(AFP)

JUARA dunia yang baru saja dinobatkan, Max Verstappen, menambahkan delapan poin lagi ke total kemenangannya, setelah menang dalam balapan sprint Grand Prix Amerika Serikat. Pembalap asal Belanda berusia 26 tahun ini memimpin tanpa hambatan dari posisi pole hingga bendera kotak finish, finis 9.465 detik di depan juara tujuh kali yang bangkit kembali, Lewis Hamilton dari Mercedes. Charles Leclerc finis di urutan ketiga untuk Ferrari, dengan selisih 17.997 detik.

Kemenangan ini merupakan yang ketiga bagi Verstappen dalam balapan sprint musim ini dan meningkatkan peluangnya untuk kemenangan lain dalam balapan Grand Prix pada hari Minggu, meskipun ia akan memulai dari posisi keenam setelah putaran kualifikasi terbaiknya dihapus karena melanggar batas lintasan.

Lando Norris mempertahankan performa yang sangat baik oleh McLaren dengan finis di urutan keempat, di depan Sergio Perez di Red Bull kedua dan Carlos Sainz di Ferrari kedua. Norris hanya kalah kurang dari satu detik dari Leclerc di garis finish.

Baca juga: Lewis Hamilton Puji Kerja Tim Mercedes atas Peningkatan Mobil

George Russell finis di urutan ketujuh di Mercedes kedua, tetapi ia diturunkan ke urutan kedelapan setelah menerima hukuman lima detik, sehingga mengangkat Pierre Gasly dari Alpine ke urutan ketujuh.

"Itu menyenangkan. Saat belokan pertama cukup ketat, tetapi ada cukup ruang, dan setelah itu saya menjalani balapan saya sendiri dan mengontrol kecepatan. Kami memiliki kecepatan balapan yang bagus hari ini yang akan saya butuhkan besok saat saya memulai dari P6. Seharusnya ada beberapa pelintasan yang harus saya lakukan dan saya berharap bisa bersenang-senang," ujar Verstappen.

Baca juga: Max Verstappen Ingin Tiru Valentino Rossi Ikut Balapan GT

Hamilton mengaku senang berada di podium. "Saya memiliki pertarungan yang bagus dengan Charles dan mencoba mendekati Max, tetapi kecepatan mereka saat ini tidak dapat disangkal," kata Hamilton. "Kami semakin mendekat, tetapi masih ada jalan yang harus ditempuh."

Kemenangan Verstappen meningkatkan total poinnya menjadi 441, meningkatkan keunggulannya atas rekan satu timnya, Perez, yang memiliki 228 poin, dengan selisih 213 poin saat ia menuju rekor kemenangan dalam balapan juara dunia.

Setelah gelombang panas luar biasa pada akhir Oktober, suhu udara sedikit lebih sejuk dengan suhu udara 33 derajat dan suhu lintasan 37 derajat Celsius ketika Verstappen menjauh di awal balapan.

Sebagian besar grid memilih untuk memulai dengan ban medium bekas, menyimpan set yang segar untuk Grand Prix pada hari Minggu, tetapi Sainz memilih ban soft, satu-satunya pembalap yang melakukannya, dan memanfaatkan cengkeramannya yang lebih besar untuk naik ke posisi keempat pada lap pertama.

Russell juga memiliki awal yang baik dan mendapatkan kembali tiga posisi yang telah dia lepaskan di kantor steward ketika dia dikenai hukuman tiga posisi di grid karena menghalangi Leclerc sebelumnya dalam balapan sprint.

Hamilton juga memiliki awal yang baik dan merebut posisi kedua dari Leclerc di luar Turn One, yang berlari lebar di luar trek saat Leclerc pulih dari tekanan awal dari Verstappen.

Russell naik ke urutan ketujuh pada lap ketujuh, ketika ia diberi hukuman lima detik karena meninggalkan trek saat ia mendahului Piastri, sementara Verstappen dengan mudahnya memimpin 2.3 detik di depan.

Setelah kemenangan cemerlangnya untuk McLaren di balapan sprint Qatar, Piastri kesulitan untuk menjaga kecepatan dan berada di urutan kesepuluh setelah 10 lap dan diberi bendera hitam-putih yang dilambangkan untuk melampaui batas lintasan.

Pada lap yang sama, ban soft Sainz mulai rusak dan dia dilewati oleh Norris dan Perez saat ia turun ke urutan keenam, sementara Verstappen memimpin Hamilton sebesar 3.7 detik. Leclerc berada di posisi ketiga, dengan selisih 3.6 detik.

Juara dunia tetap tidak bisa dikejar dan dapat menikmati balapan santai menuju bendera kotak finish sementara Hamilton dan Leclerc puas dengan finis kedua dan ketiga dalam sebuah kontes yang menawarkan sedikit hiburan sejati bagi penonton di Circuit of the Americas. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat