visitaaponce.com

Kemenpora Beri Dukungan ke Timnas Flag Football Berlaga di AOFFC 2023

Kemenpora Beri Dukungan ke Timnas Flag Football Berlaga di AOFFC 2023
Timnas Flag Football Indonesia(Dok. IFFA)

MESKI belum terdaftar sebagai cabang olahraga resmi di Indonesia, Tim Nasional Flag Football Indonesia tetap mendapat dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk berlaga di ajang Asia Oceania Championships Flag Football 2023 (AOFFC 2023) di Kuala Lumpr, Malaysia.

“Walaupun olahraga ini belum menjadi cabor (cabang olahraga) resmi yang terdaftar di Kemenpora, namun saya sebagai perwakilan kementerian sudah memberikan atensi, pengawasan dan pembekalan, sejak seleksi timnas flag footbal ini di adakan pada Bulan Juli kemarin,” ucap Hamdan Hamedan, perwakilan Kemenpora yang melepas timnas Flag Football ke turnamen yang digelar IFAF (International Federation of American Football) itu.

AOFFC 2023 adalah turnamen perdana yang diadakan IFAF yang diikuti oleh 11  tim untuk klasemen putra dan sembilan tim untuk klasemen putri.

Baca juga : Final Liga Basket Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series Siap Digelar 17 November

Tim yang mengikuti turnamen itu antara lain Australia, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Kuwait, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, dan Thailand.

Ketua Umum IFFA Pandu Satya mengatakan, ada 30 atlet yang mewakili Indonesia di AOFFC 2023 yang terdiri dari tim putra dan tim putri dengan masing-masing 15 atlet putra dan 15 atlet putri.

Baca juga : Sabalenka Kalahkan Sakkari di Laga Pembuka WTA Finals

‘Keikutsertaan timnas Flag Footbal ini adalah ajang debut bagi Indonesia di kancah Internasional, dengan persiapan maksimal para atlet kami berharap dapat mempersembahkan penampilan terbaik dalam gelaran turnamen ini yang kami persembahkan untuk rakyat Indonesia,” ucap Sekertaris Jendal IFFA Mohammad Erlangga

Tim Indonesia pada AOFFC 2023 ini adalah bentuk komitmen Indonesian Flag Football Association (IFFA) dalam pengembangan kemampuan pemain yang diseleksi dari beberapa tim yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, DIY, dan Semarang.

“Walaupun para atlet dan team official saat ini merogoh kocek nya sendiri tetapi karena kecintaan kita semua akan olah raga ini kami akan buktikan dengan baik,” ujar Manager Timnas Flag Footbal Danny Triputra Setiamanah.

Usai di AOFFC 2023, Timnas Flag Fottbal Indonesia direncanakan berlaga di World Championship 2025, Asia Oceania Championship 2026, hingga Olimpiade 2028 yang akan di selenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat.  (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat