visitaaponce.com

WTA Finals Sabalenka Hadapi Swiatek, Pegula Lawan Gauff

WTA Finals: Sabalenka Hadapi Swiatek, Pegula Lawan Gauff
Aryna Sabalenka.(AFP/Claudio Cruz.)

PERSAINGAN di babak semifinal WTA Finals bakal sengit. Empat petenis memastikan tiket ke babak empat besar setelah berjuang habis-habisan untuk menyabet trofi penutup musim 2023 itu.

Empat semifinalis akan berebut tiket ke partai puncak yang dimainkan Minggu (5/11) yakni Jessica Pegula, Aryna Sabalenka, Iga Swiatek, dan Coco Gauff. Di semifinal, Sabalenka bakal menghadapi Swiatek sedangkan satu laga lain menyajikan perang saudara sesama petenis Amerika Serikat yakni Pegula melawan Gauff.

Petenis nomor satu dunia Aryna Sabalenka memenangi duel hidup-mati melawan Elena Rybakina 6-2, 3-6, 6-3 dalam pertandingan terakhir penyisihan grup, Sabtu (4/11), untuk mencapai semifinal WTA Finals. Petenis Belarusia tersebut finis posisi kedua di grup di belakang Jessica Pegula.

Baca juga: Jessica Pegula Belum Terkalahkan di WTA Finals 

Sabalenka dalam misi mempertahankan peringkat satu pada akhir tahun. Dia memenangi set pertama tetapi tertinggal pada set kedua ketika permainan dihentikan setelah beberapa kali tertunda karena hujan.

Sekitar 16 jam kemudian, Sabalenka dan Rybakina kembali ke lapangan Estadio Paradisus, Cancun, Meksiko, untuk meneruskan laga. Rybakina dengan tenang melakukan servis pada set kedua untuk menyamakan kedudukan.

Baca juga: Jabeur Sumbangkan Hadiah Uang WTA Finals untuk Warga Palestina

Sabalenka berusaha keras menghentikan momentum Rybakina pada gim pembuka set ketiga, bertahan dari sembilan deuce dan dua break point untuk mempertahankan servis. Dia melepaskan sepasang forehand yang ganas untuk mematahkan servis Rybakina di game keempat.

Jika Sabalenka memenangi pertandingan semifinalnya, dia akan menyelesaikan tahun ini sebagai peringkat satu dunia. Namun jika gagal, dia akan membuka pintu bagi Iga Swiatek untuk kembali baik ke takhta.

Pegula lebih dulu mengamankan posisinya di empat besar dengan tiga kali kemenangan. Sementara itu, Coco Gauff mengamankan tempatnya di semifinal usai memenangi pertarungan melawan dua juara grand slam musim ini Marketa Vondrousova. Gauff menang 5-7, 6-7(4), 6-3 di laga terakhir grup, Sabtu (4/11).

Kemenangan tersebut menghilangkan harapan Vondrousova melaju ke semifinal. Bagi Gauff, torehan tersebut menjadi rekor tersendiri karena dia sebagai petenis remaja pertama yang mencapai empat besar kejuaraan akhir tahun tersebut sejak Caroline Wozniacki pada 2009.

Sementara itu, Swiatek mengukuhkan posisinya sebagai juara grup setelah mengalahkan unggulan ke-6 Ons Jabeur 6-1, 6-2. Di fase grup Swiatek tak terkalahkan. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat