visitaaponce.com

SangiRUN Night Trail 2023 Sajikan Petualangan Olah Raga dan Budaya

SangiRUN Night Trail 2023 Sajikan Petualangan Olah Raga dan Budaya
Para pemenang SangiRUN Night Trail 2023.(HO)

AJANG SangiRUN Night Trail 2023 pada 4-5 November 2023 sukses digelar. Kegiatan yang berlangsung di wilayah sekitar Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah ini diikuti 1.500 peserta.

"Pada kegiatan running yang ketiga kali ini, kami punya banyak variasi yang berbeda sehingga menarik banyak minat pelari, itu kami lihat quota 1.500 peserta yang kami berikan sudah habis dalan waktu 31 menit," ucap Project Director SangiRUN Night Trail 2023, Andre Donas, dalam keterangan yang diterima, Rabu (8/11).

Kegiatan SangiRUN Night Trail 2023 merupakan kolaborasi dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Diketahui, Situs Cagar Budaya Sangiran sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Nomor 593 oleh UNESCO pada tahun 1996 dengan nama “The Sangiran Early Man Site.” Secara nasional berada urutan cagar budaya nomer 11.

Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti menyampaikan kegiatan ini ingin mengajak masyarakat luas mengenal Sangiran, untuk mengangkat budaya, kuliner dan masyarakat Sangiran dalam rangkaian kegiatan SangiRUN 2023.

"Kali ini kami mengkolaborasikan dengan banyak pihak termasuk dengan 25 desa masyarakat di Kawasan purba Sangiran untuk ikut menjadi bagian dalam pengembangan aktivitas budaya masyarakat, seperti ide karnaval budaya dengan tema ciri khas seni wilayahnya masing-masing,” papar Iriani.

SangiRun Night Trail 2023 yang mengusung tema 'Sound of Sangiran' dan bertujuan memperkenalkan lebih luas situs Sangiran, juga dimeriahkan berbagai kegiatan seperti okakarya komunitas, lokakarya seni kriya, lokakarya UMKM, Sangiran Fair, pentas musik, dan instalasi cahaya. Berbagai kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk menimba berbagai pengetahuan serta memajukan perekonomian masyarakat di sekitar Sangiran. (RO/R-2)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat