visitaaponce.com

Bentuk Hidung Manusia Modern Diwariskan dari Neanderthal

Bentuk Hidung Manusia Modern Diwariskan dari Neanderthal
Manusia, neanderthal, Denisovan, dan hominin yang masih misteri(AFP)

Penemuan terbaru dari Studi Biologi Komunikasi, University College London (UCL) mengungkapkan bahwa bentuk kerangka hidung manusia modern ditentukan oleh materi genetik yang diwarisi dari manusia purba Neanderthal.

Neanderthal adalah spesies kuno yang tinggal di Eurasia 40.000 tahun yang lalu. Neanderthal berevolusi ketika manusia purba beradaptasi dengan iklim yang lebih dingin setelah meninggalkan Afrika. Para ilmuwan percaya bahwa beberapa DNA mereka tetap terdapat pada manusia modern.

Dr Kaustubh Adhikari, dari UCL Genetika, Evolution & Environment dan The Open University, mengatakan bahwa dalam 15 tahun terakhir, sejak genom Neanderthal diurutkan, para peneliti telah menemukan leluhur mereka.

“Di sini, kami menemukan bahwa beberapa DNA yang diwariskan dari Neanderthal memengaruhi bentuk wajah kita (manusia). Ini mungkin berguna bagi nenek moyang kita, karena telah diwariskan selama ribuan generasi,” jelasnya seperti dilansir dari Phys pada Rabu (10/5).

Studi ini menggunakan data dari lebih dari 6.000 sukarelawan di seluruh Amerika Latin yang terdiri dari keturunan campuran Eropa, Amerika Asli, dan Afrika. Mereka adalah bagian dari studi CANDELA dari studi UCL, yang direkrut dari Brasil, Kolombia, Cile, Meksiko, dan Peru.

Para peneliti membandingkan informasi genetik dari peserta dengan foto wajah mereka, khususnya melihat jarak antara titik-titik di wajah seperti ujung hidung atau tepi bibir untuk melihat bagaimana ciri-ciri wajah yang berbeda dikaitkan dengan kehadiran penanda genetik yang berbeda.

“Para peneliti berpikir DNA yang diwarisi dari Neanderthal, mungkin telah memengaruhi bentuk wajah manusia modern. Salah satu bidang yang menarik adalah hidung,” jelas penelitian tersebut.

Para peneliti juga mengidentifikasi 33 wilayah genom yang terkait dengan bentuk wajah. Dimana 26 di antaranya dapat mereka tiru dibandingkan dengan data dari etnis lain menggunakan responden di wilayah Asia Timur, Eropa, atau Afrika.

Seleksi alam

Dalam satu wilayah genom tertentu yang disebut ATF3,, para peneliti menemukan bahwa banyak orang dalam studi mereka dari keturunan penduduk asli Amerika (serta orang lain dari keturunan Asia timur) memiliki materi genetik dalam gen ini yang diwarisi dari Neanderthal. Mereka berkontribusi untuk meningkatkan karakter kerangka hidung yang mancung.

Mereka juga menemukan bahwa wilayah gen ini memiliki tanda-tanda seleksi alam. Hal itu menunjukkan bahwa prosesnya memberikan keuntungan bagi mereka yang membawa materi genetik.

Penulis pertama Dr. Qing Li (Universitas Fudan) mengatakan telah lama berspekulasi bahwa bentuk hidung kita ditentukan oleh seleksi alam; karena hidung kita dapat membantu mengatur suhu dan kelembaban udara yang kita hirup,

“Gen yang telah kita identifikasi disini mungkin diwariskan dari Neanderthal untuk membantu manusia beradaptasi dengan iklim yang lebih dingin saat nenek moyang kita pindah dari Afrika,” jelasnya.

Sementara itu, rekan penulis lain yang terlibat dalam penelitian ini, Profesor Andres Ruiz-Linares (Universitas Fudan, Genetika UCL, Evolusi dan Lingkungan, dan Universitas Aix-Marseille) menambahkan bahwa sebagian besar studi genetik tentang keragaman manusia telah menyelidiki gen orang Eropa

“Sampel studi kami yang beragam dari peserta Amerika Latin memperluas jangkauan temuan studi genetik, itu juga membantu kita untuk lebih memahami genetika semua manusia,” jelasnya.

Hasil penelitian itu merupakan penemuan DNA kedua dari manusia purba. Berbeda dengan Homo sapiens yang memengaruhi bentuk wajah kita, tim yang sama menemukan dalam makalah tahun 2021 bahwa gen yang memengaruhi bentuk bibir diwarisi dari Denisovans kuno (lihat grafis). (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat