visitaaponce.com

Percasi Gembira Ada Kejutan di Akhir Japfa Year End Chess Tournament 2023

Percasi Gembira Ada Kejutan di Akhir Japfa Year End Chess Tournament 2023
Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto berfoto dengan para pemenang Japfa Year End Chess Tournament 2023.(MI/BUDI ERNANTO)

JAPFA Year End Chess Tournament 2023 resmi berakhir pada Minggu (17/12). Ajang itu ditutup oleh Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto yang mengaku senang karena ada kejutan ketika kejuaraan berakhir.

Japfa Year End Chess Tournament tahun ini mempertandingkan 5 kategori yang terdiri dari kategori Terbuka yang diikuti 226 pemain. Kategori putra kelompok U-12 diikuti 79 pemain. Kategori putra kelompok U-16 diikuti 46 pemain. Kategori putri kelompok U-12 diikuti 21 pemain dan kategori putri kelompok U-16 diikuti 19 pemain.

"Sebaran pecatur di Tanah Air makin baik. Terbukti tahun ini, pemenangnya ada yang dari Cilegon (Banten). Padahal Cilegon tidak termasuk dalam wilayah penghasil pecatur," kata Utut.

Baca juga: 401 Pecatur Ramaikan Japfa Year End Chess Tournament

Kedepannya, sambung Utut, Percasi akan mengupayakan ada banyak turnamen yang memberi rating. Diharapkan akan ada pecatur yang bisa tampil di ajang dunia seperti Olimpiade Catur yang akan berlangsung pada September 2024.

"Dari sisi kuantitas, kita (Indonesia) baik. Tapi, soal kualitas bukan urusan mudah. Untuk jadi GM itu jalannya panjang, itu fakta yang bikin orang jadi kurang tertarik dengan catur," kata Utut.

Baca juga: Para-Catur Sumbang Tujuh Medali Emas Untuk Kontingen Indonesia

Menyambung Utut, Sekjen Percasi Henry Hendratno mengatakan Indonesia berharap bisa memperbaiki peringkat di Olimpiade Catur. Saat ini Indonesia menempati peringkat ke-59 di kategori putra. Sementara kategori putri, Indonesia ada di posisi ke-24. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat