visitaaponce.com

Putri KW Jadi Tunggal Putri Pertama Indonesia Kejuaran Beregu Asia

Putri KW Jadi Tunggal Putri Pertama Indonesia Kejuaran Beregu Asia
Tunggal putri bulu tangkis Indonesia Putri Kusuma Wardani(ANTARA/M Risyal Hidayat)

TUNGGAL putri bulu tangkis Indonesia Putri Kusuma Wardani menegaskan dirinya siap menjaga semangat dan kekuatan mental karena ditunjuk sebagi tunggal putri pertama tim Indonesia yang akan berlaga di Kejuaraan Beregu Asia (BATC) di Malaysia, 13-20 Februari.

"Sejauh ini, persiapannya layaknya pertandingan biasa. Namun, karena ini adalah nomor beregu, saya lebih menjaga mental dan semangat tidak mau kalah," ujar Putri, dikutip Minggu (11/2).

Putri mengakui dirinya merasa tegang karena dipercaya menjadi tunggal putri pertama. Di edisi BATC sebelumnya, posisi tunggal putri pertama berada di tangan Gregoria Mariska Tunjung.

Baca juga : Tim Bulu Tangkis Indonesia Ikuti Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 di Malaysia

Kali ini, Gregoria difokuskan menjalani persiapan untuk enam turnamen untuk merebut poin agar bisa tampil di Olimpiade Paris 2024.

"Pastinya saya merasa tegang. Namun, saya pernah merasakannya. Sebagai pembuka pasti susah-susah gampang. Saya besok akan berusaha bermain baik saja, yang penting berusaha tidak kalah karena dari situ ada kemungkinan menang," kata Putri.

"Ya, pasti merasa kehilangan, karena Kak Gregoria pengalamannya lebih banyak daripada aku. Tapi aku harus bisa gantiin Kak Gregoria dan harus menunjukkannya," tambahnya.

Baca juga : Gregoria dan Putri KW Maju ke 16 Besar Tunggal Putri Asian Games 2022

Lebih lanjut, Putri menilai ia kini sudah mulai menemukan rasa percaya dirinya lagi setelah sempat merasa terpuruk beberapa waktu lalu.

"Menurut aku, dari awal tahun kemarin sampai sekarang, aku ada progres, dari cara bermain, cara berpikir, pelan-pelan sudah mulai bangkit lagi," ungkap tunggal putri peringkat 33 dunia tersebut.

Proses kebangkitannya itu pun tak lepas dari pelatih, keluarga, dan teman-teman dekat Putri yang terus memberikan dukungan untuknya.

Baca juga : Gregoria dan Putri KW Lolos ke Babak Kedua Hong Kong Terbuka 2023

"Lebih kayak harus lebih PD (percaya diri) lagi. Kalau misal kalah tidak usah peduli orang-orang mau ngomong apa, yang penting latihannya semangat dan percaya diri," ujar dia.

Selain Putri, skuat putri Indonesia di BATC 2024 juga mencakup Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Stephanie Widjaja di sektor tunggal. Lalu ada pula Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari di sektor ganda. (Ant/Z-1)

Baca juga : Gregoria dan Putri Maksimalkan Peluang di Tiongkok Terbuka

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat