visitaaponce.com

Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi, Rizki Juniansyah Dapat Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi, Rizki Juniansyah Dapat Tiket ke Olimpiade Paris 2024
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah(ANTARA/Nova Wahyudi)

LIFTER Indonesia Rizki Juniansyah mengamankan tiket ke Olimpiade Paris 2024 usai meraih medali emas di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Phuket, Thailand.

Dilansir dari laman resmi IWF, Kamis (4/4), Rizki, yang turun di nomor 73 kg, berhasil melahap total angkatan 365 kg mengalahkan lifter andalan Tiongkok, Shi Zhiyong yang memperoleh medali perak dengan total angkatan 356 kg.

Dalam peraturan Olimpiade, setiap negara hanya bisa mengirimkan satu atlet di satu nomor angkat besi. Secara sistematis, Rizki mengamankan tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024 mewakili Indonesia karena mengalahkan rekan senegaranya, Rahmat Erwin Abdullah, yang finish di urutan ketiga dengan total angkatan 355 kg.

Baca juga : Eko Yuli Irawan Pastikan Olimpiade Paris 2024 Sebagai Olimpiade Terakhirnya

"Memang kalau dilihat secara atletnya kita sudah ada empat yang lolos kualifikasi kebetulan di dua nomor yang sama. Jadi karena peraturan Olimpiade yang baru untuk nomor yang sama kita hanya bisa mengirimkan satu atlet," ujar Ketua Umum PABSI Rosan Roeslani, 26 Maret lalu.

"Tapi masih ada atlet-atlet (di nomor) lain yang berpotensi yang bisa bertanding di Olimpiade harapannya kita bisa berprestasi secara maksimal di Kualifikasi ini," tambahnya.

Di Kejuaraan Dunia yang menjadi ajang kualifikasi terakhir Olimpiade Paris 2024, Rizki tampil gemilang dengan mencatatkan angkatan snatch 164 kg, angkatan clean & jerk sebesar 201 kg. 

Baca juga : Masuk 10 Besar Kelas 61 Kg, Eko Yuli Irawan Buka Peluang Tampil di Olimpiade Paris 2024

Dari segi angkatan, lifter berusia 20 tahun tersebut hanya kalah dari angkatan snatch Shi Zhiyong, yang mampu mencatatkan angkatan snatch 165 kg.

Selain Rizki, tim Merah Putih juga berpeluang untuk menambah tiket menuju Olimpiade Paris 2024 melalui kontingen angkat besi nomor 67 kg Mohammad Yasin. 

Di ajang kualifikasi tersebut, Yasin berada di peringkat keempat dengan melakukan total angkatan 293 Kg. Selisih total satu angkatan dari lifter Krygistan Ishimbek Muratbek Uulu yang mencatatkan total 294 Kg dan meraih medal perunggu.

Di nomor 67 kg tersebut, lifter Korea Utara Ri Won Ju memperoleh medali emas dengan mencatat total 333 kg. Sedangkan medali perak diamankan oleh lifter Italia Sergio Massidda dengan total angkatan 317 kg. (Ant/Z-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat