visitaaponce.com

Federasi Barongsai Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia, Incar Juara Umum

Federasi Barongsai Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia, Incar Juara Umum
Konferensi pers Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) di Seketariat FOBI, Jakarta, Rabu (17/4).(Dok.FOBI)

FEDERASI Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) bakal menyelenggarakan kejuaraan barongsai dunia untuk pertama kalinya. Kejuaraan bertajuk Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024 akan dihelat pada 17-19 Mei mendatang di Britama Arena, Jakarta.

Ajang akbar internasional tersebut merupakan perdana diselenggarakan FOBI sejak diterima sebagai anggota KONI. Selain ingin sukses penyelenggaraan, FOBI juga membidik target agar Indonesia bisa keluar sebagai juara umum.

"Kita ingin membuat pertandingan internasional karena kita tidak mau ketinggalan. Kita ingin seperti negara lain, bahkan kita lebih besar potensinya sehingga barongsai kita harus lebih menonjol," kata Ketua Umum FOBI Edy Kusuma dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (17/4).

Baca juga : Bahan Bakar Pertamina Patra Niaga Dukung Kesuksesan Pelaksanaan F1 Power Boat

Tak kurang dari 10 negara dengan jumlah peserta sekitar 550 atlet akan berpartisipasi. Selain Indonesia, ada dari Malaysia, Singapura, Hong Kong, Myanmar, Vietnam, Thailand, Tiongkok, Taiwan, dan Australia.

Klub-klub barongsai mancanegara yang diundang untuk berlaga merupakan jawara di negerinya. Sementara itu, ada tiga kategori yang dipertandingkan. Kelompok pertama akan memperebutkan Piala Presiden yakni barongsai (tarian singa selatan).

Untuk pertandingan pekingsai (tarian singa utara) akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga. Kelompok ketiga ialah naga yang akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

Baca juga : Rayakan Cap Gomeh, Kebun Raya Bogor Hadirkan Atraksi Barongsai dan Naga

Sekjen FOBI Arifin Himawan menyampaikan tim Indonesia sudah lima kali juara di ajang dunia. Sebab itu, di kejuaraan kali ini berani membidik juara umum dari nomor barongsai.

"Kita 2006 pernah menjadi tuan rumah kejuaraan internasional tetapi yang betul-betul bergengsi yang akan kita selenggarakan pada Mei ini," kata Arifin.

Sekjen KONI Pusat Tb Lukman Djajadikusuma menyampaikan pihaknya menyambut baik FOBI mengadakan pertandingan barongsai internasional.  Pasalnya, belum semua anggota KONI bisa menyelenggarakan kejuaraan level dunia.

Menurutnya, pemerintah pun terus mendorong agar semakin banyak kejuaraan dunia bisa digelar di Tanah Air. Selain untuk prestasi, menjadi tuan rumah suatu ajang juga diharapkan menggenjot sport tourism.

"Ajang seperti ini diharapkan menggerakkan sport tourism. Kami apresiasi jerih payah FOBI untuk menyelenggarakan kejuaraan internasional. FOBI menjadi anggota KONI dari 72 cabor olahraga prestasi dan kami harap semua cabor di KONI bisa menjadi tuan rumah kejuaraan internasional," ujarnya. (Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat