visitaaponce.com

Kabupaten Dituntut Aktif Berinovasi dan Kolaborasi

Kabupaten Dituntut Aktif Berinovasi dan Kolaborasi
Pengunjung memadati booth-booth Kabupaten dalam gelaran APKASI Otonomi Expo 2019.(MI/Susanto)

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengimbau para bupati agar gencar berinovasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Pesan itu disampaikan Wiranto di hadapan ratusan bupati yang menghadiri acara pembukaan pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Ekspo yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, kemarin.

"Pameran ini sangat bagus dan tepat. Pertama, sebagai ajang tereksposnya inovasi daerah ke mata publik dan dunia. Kedua, pameran ini juga bisa menjadi ajang antardaerah dalam memberikan inspirasi," ungkap Wiranto.

Ia melanjutkan, penerapan otonomi daerah memiliki dampak positif pada keleluasaan pemerintah daerah, khususnya kabupaten dalam berinovasi. Inovasi yang dilakukan itu diharapkan mampu mengoptimalkan potensi kekuatan ekonomi di tiap kabupaten. Salah satu cara ialah setiap kabupaten melakukan kolaborasi dan bekerja sama dengan kabupaten lain.

"Bisa saling mengisi, mengajar, dan mengombinasikan kekhasan daerah sehingga menjadi satu produk nasional yang luar biasa," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Wiranto juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi kepada para bupati. Menurutnya, Presiden berpesan bahwa saat ini dunia mengalami perubahan yang sangat cepat. Revolusi industri telah membawa perubahan besar hampir di setiap sisi kehidupan, termasuk pemerintahan.

"Presiden berharap inovasi yang dipamerkan dalam Apkasi Expo 2019 harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekarang kalau pemasaran tanpa e-commerce, tanpa ada satu usaha lewat digital, saya kira akan ketinggalan."

Wiranto melanjutkan, setiap daerah juga diharapkan fokus mengembangkan potensi produk unggulan. Produk unggulan itu diharapkan menjadi komiditas yang diterima di pasar nasional dan global.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming menjelaskan Apkasi Expo 2019 diselenggarakan untuk mempromosikan komoditas keunggulan daerah sekaligus menawarkan peluang investasi yang dibutuhkan investor. Tema yang diangkat dalam Apkasi Expo kali ini ialah Kemitraan bisnis untuk peningkatan ekonomi lokal berkelanjutan.

"Apkasi Otonomi Expo diharapkan berdampak positif bagi percepatan pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan pekerjaan di setiap daerah," tukas Mardani.

Apkasi Otonomi Expo 2019 akan berlangsung selama tiga hari di JCC Senayan Hall A dan B hingga 5 Juli mendatang. Kegiatan itu dikunjungi tidak kurang dari 15.000 orang. Berbagai potensi komoditas dan produk unggulan dipamerkan dalam event itu. (Uta/P-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat