visitaaponce.com

Kabar Baik, Tito Sebut Angka Pengangguran DKI Menurun

Kabar Baik, Tito Sebut Angka Pengangguran DKI Menurun
Mendagri, Tito Karnavian(MI/Irfan)

DITENGAH hiruk pikuk permasalahan virus covid-19, angin segar dikabarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Ia mengatakan, angka pengangguran di DKI Jakarta relatif menurun jika dibandingkan provinsi lain.

“Kalau kita lihat angka pengangguran ini relatif menurun dalam 3 tahun terakhir. Kami melihat dari provinsi di Jawa-Bali, meski tingkat pengangguran masuk ranking ke-3 setelah Banten dan Jawa Barat,” jelas Tito dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (23/4).

Angka kemiskinan Provinsi DKI Jakarta tahun 2019 sebesar 3,42% berada di bawah rata-rata nasional yang sebesar (9,22%). Tito juga menyebut, berdasarkan tren tingkat kemiskinan Provinsi DKI Jakarta tahun 2017-2019.

"Kondisinya semakin membaik, cenderung terus mengalami penurunan dan selalu berada di bawah rata-rata nasional," kata Tito.

Sementara itu, Gini Rasio DKI Jakarta pada Tahun 2019 sebesar 0,391 mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan Tahun 2018 sebesar 0,390. Meskipun relatif kecil peningkatannya, hal ini mengindikasikan bahwa distribusi pengeluaran penduduk pada periode tersebut memburuk.

Dalam konstelasi wilayah Jawa Bali, Gini Rasio Provinsi DKI Jakarta merupakan peringkat tertinggi ketiga dan masih berada di atas rata-rata nasional.

“Jadi angka nasional 0,38, makin rendah Gini rasio menunjukkan gap antara kaya dan miskin ini makin rendah. Sementara DKI 0.391 di atas nasional. Artinya ada gap yang sedikit dibanding tahun sebelumnya, itu terjadi kenaikan antara kaya dan miskin, pendapatan masyarakat," jelas Tito.

Tapi dibanding dengan provinsi lain, Tito menyebut, gini rasio masih menempati angka 3 besar, Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. "Ini artinya bad news, artinya gap sekali, pendapatan antara yang kaya dan miskin ini lebih lebar dibanding nasional,” pungkas Tito. (OL-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Baharman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat