visitaaponce.com

KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024

KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024
Petugas mengangkat kotak suara untuk kebutuhan pemilu di kantor KPUD.(Antara)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI fokus untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya, kesadaran politik warga negara untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik bangsa menjadi hal krusial.

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan ada dua cara yang akan ditekankan KPU guna meningkatkan kesadaran pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam proses elektoral.

“Cara menaikkan kesadaran warga untuk ikut Pemilu 2024 ada dua. Pertama sosialisasi, yang kedua pendidikan pemilih,” ujar Idham kepada Media Indonesia, Selasa (19/7).

Baca juga: Pemilu DOB Papua, DPR Pilih Perppu Ketimbang Revisi UU Pemilu

Setelah tahapan pemilu dimulai, anggota KPU di daerah aktif melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih. “Bahkan, jauh sebelum tahapan dimulai, rekan-rekan KPU di daerah sudah melakukan sosialisasi pendidikan pemilih,” imbuhnya.

Menurut dia, pemilu merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak asasi warga negara di bidang politik. Pemilu dilaksanakan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, yang mengusung asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 

Baca juga: Zulkifli Hasan: Antara Minyak Goreng dan Kampanye

Sebelumnya, KPU RI bakal meminimalkan warga negara yang memenuhi syarat pemilih, namun tidak terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Tujuannya, agar tidak ada pemlih yang tercecer.

“Misal pada Pilkada 2020, ada warga yang punya hak pilih tetapi belum masuk DPT. Pemilih baru itu akan dimasukkan nanti,” jelas Ketua KPU Hasyim Asy’ari beberapa waktu lalu.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat