visitaaponce.com

Presiden Bung Soekarno Bukan Pengkhianat Bangsa dan Tidak Terlibat G30S PKI

Presiden: Bung Soekarno Bukan Pengkhianat Bangsa dan Tidak Terlibat G30S PKI
Presiden Joko Widodo(MI/Sumaryanto bronto)

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno bukanlah pengkhianat dan tidak terlibat dalam Gerakan 30S PKI.

Sebaliknya, Sang Proklamator adalah sosok yang terbukti sangat nasionalis dan begitu berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara menyambut perayaan Hari Pahlawan Nasional 10 November mendatang.

"Pada kesempatan ini kami menegaskan tentang sejarah kepahlawanan Bung Karno yang perlu penegasan, terutama terkait dengan Ketetapan MPRS Nomor 33/mprs/1967 tentang pencabutan kekuasaan pemerintahan negara dari Presiden Soekarno," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/11).

Ia menekankan bahwa Tap MPRS tersebut tidak lagi berlaku dan tidak perlu dilakukan tindakan hukum lebih lanjut, baik karena bersifat final telah dicabut maupun telah dilaksanakan.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Tegaskan Sertifikasi Gereja Tanpa Terkecuali dan Tanpa Diskriminasi

"Ini merupakan bukti pengakuan dan penghormatan negara atas kesetiaan dan jasa-jasa Bung Karno, baik sebagai pejuang dan proklamator kemerdekaan maupun sebagai kepala negara di saat bangsa Indonesia sedang berjuang membangun persatuan dan kedaulatan," sambung mantan wali kota Surakarta itu.

Bahkan, lanjutnya, pada 1986 pemerintah telah menganugerahkan gelar pahlawan proklamator kepada Soekarno.

Pada 2012, ia juga dianugerahi pahlawan nasional. "Artinya, Soekarno telah dinyatakan memenuhi syarat setia dan tidak mengkhianati bangsa dan negara yang merupakan syarat penganugerahan gelar kepahlawanan," sambung Jokowi.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat