visitaaponce.com

Indonesia Layangkan Nota Protes Terhadap Fiji

Indonesia Layangkan Nota Protes Terhadap Fiji
Bendera Merah Putih dikibarkan di pantai wisata Pulau Kapuk, Lhoknga.(ANTARA/IRWANSYAH PUTRA)

INDONESIA melayangkan nota protes terhadap pemerintah Fiji atas pertemuan Perdana Menteri (PM) Stiveni Rabuka dengan pemimpin gerakan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) Benny Wenda. Kekecewaan itu telah disampaikan melalui Kedutaan Besar Fiji di Jakarta.

”Isinya berupa penyampaian protes,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah, Sabtu (11/3).

Ia mengatakan, nota tersebut telah dikirim sejak 23 Februari 2023 lalu. Pihaknya juga telah mengadakan pertemuan tertutup dengan Rabuka. Indonesia menyatakan kekecewaan atas dukungan PM Fiji terhadap gerakan separatis Papua.

Baca juga: Papua Nugini dan Fiji Hormati Kedaulatan Indonesia atas Papua

“Pemerintah telah secara jelas dan tegas menyampaikan kekecewaan kita,” ungkapnya.

Rabuka dan Wenda bertemu dalam perhelatan negara-negara Pasifik di Nadi, Fiji, pekan lalu. Rabuka mengunggah pertemuan keduanya di media sosial dan mengaku mendukung gerakan separatis Papua.

Baca juga: 2 Orang Tewas Akibat Kontak Senjata TNI-Polri dan TPNPB-OPM di Papua Tengah.

Rabuka mengatakan, dukungan pada gerakan tersebut karena masyarakat Papua adalah orang Melanesia. Menurutnya, Papua Barat berhak mendapat keanggotaan penuh Melanesian Spearhead Group (MSG).

Sebelumnya, pemerintah Fiji belum pernah menyatakan dukungan terhadap gerakan separatis di Papua atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). Namun, beberapa negara Pasifik kerap membahas isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua dalam pertemuan PBB, terutama Vanuatu. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat