visitaaponce.com

KPK Gerak Cepat Telusuri Sumber Uang di Safe Deposit Box Rafael Alun

 KPK Gerak Cepat Telusuri Sumber Uang di Safe Deposit Box Rafael Alun
Eks pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo saat akan diperiksa KPK, Rabu (1/3).(MI/Susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) gerak cepat menelusuri sumber uang yang berada safe deposit box milik eks aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT). Safe deposit box tersebut diamankan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) dan KPK.

"Selanjutnya KPK akan menindaklanjuti sesuai kewenangan KPK," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dihubungi Medcom.id, Sabtu, 11 Maret 2023.

Ghufron belum mengungkap teknis yang diambil KPK dalam menelusuri safe deposit box tersebut. Ia juga masih merahasiakan soal detail temuan safe deposit box itu.

Baca juga : Apa Isi Safe Deposit Box Rafael Alun? KPK: Ada Dolar, Euro, dan Logam Mulia

Ia menekankan bahwa PPATK terus menggandeng KPK untuk mengusut berbagai bentuk tindak pidana pencucian uang (TPPU). Terlebih, temuan dugaan tindak pidana itu menjerat penyelenggara negara.

Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan pihaknya menemukan uang puluhan miliar yang tersimpan dalam safe deposit box di salah satu Bank BUMN milik Rafael Alun. Deposit yang disimpan Rafael Alun nilainya sangat besar dengan mata uang asing.

Informasi yang dihimpun nilai uang itu mencapai puluhan miliar rupiah. Dana tersebut berbeda dengan temuan Rp500 miliar yang berada di sejumlah rekening Rafael. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat