visitaaponce.com

Menteri ESDM Akui Indikasi Penyelewengan Tukin

Menteri ESDM Akui Indikasi Penyelewengan Tukin
MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif(Antara Foto/ Fikri Yusuf)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengakui ada indikasi penyelewengan tunjangan kinerja (tukin) di kementeriannya. Arifin mengonfirmasi temuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tengah mengusut kasus korupsi pemotongan tukin tahun 2020-2022.

Masih dalam proses kita tunggu aja. Tunggu hasil daripada pemeriksaannya. Semuanya kita harus tunggu lah," ujar Arifin pada media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/3).

Ia mengungkapkan bahwa temuan KPK itu berawal dari aduan masyarakat dan kini tengah dalam pemeriksaan.

Baca juga: Keterlibatan Kemenkeu Dalam Dugaan Korupsi Tunjangan Kinerja di Kementerian ESDM Diselusuri

Merespon kasus ini, Arifin berjanji akan melakukan pengawasan lebih dalam termasuk membenahi prosedur yang ada. Kementerian ESDM, sambungnya, masih menunggu hasil pemeriksaan KPK untuk melihat hal-hal yang perlu diperbaiki. Meski demikian, Arifin membenarkan adanya keterlibatan sejumlah oknum di Kementerian ESDM dalam kasus dugaan korupsi itu. "Indikasi kurang lebih ya beberapa orang lah," ucapnya.

Arifin juga tidak menampik dugaan salah seorang direktur jenderal (dirjen) di Kementerian ESDM ikut terlibat. Namun ia enggan menyebut spesifik direktur jenderal yang dimaksud.

 Baca juga:Pengamat: KPK Jangan Berhenti Di Kasus Tukin Ditjen Minerba ESDM

"Iya baru satu. Kan udah disebut," tutur Arifin.

Lembaga antirasuah menggeledah kantor Kementerian ESDM pada Senin (27/3). Menurut keterangan yang disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada media, kasus yang tengah disidik KPK terkait pemotongan tunjangan kinerja aparatur sipil negara (ASN) di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM. KPK juga belum memaparkan besaran uang yang diduga diselewengkan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat