visitaaponce.com

Dukung Ganjar Pranowo, KSPSI Dinilai Lumpuhkan Independensi Buruh

Dukung Ganjar Pranowo, KSPSI Dinilai Lumpuhkan Independensi Buruh
Ilustrasi aksi damai dalam rangka Hari Buruh Internasional atau May Day di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (1/5/2023).(MI/Usman Iskandar )

KONFEDERASI Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) secara resmi telah mendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu berterima kasih kepada aktivis buruh, atas dukungan penuh terhadap dirinya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya menyampaikan terima kasih, yang penting adalah membangun agenda bersama soal isu perburuhan ke depan," kata dia kepada awak media di Kantor Penghubung Pemprov Jawa Tengah, Senin (1/5)

"Kemudian bagaimana menciptakan keseimbangan-keseimbangan dalam bahasa saya equal gitu ya, dalam konteks relasi hubungan industrial yang ada," sambungnya.

Baca juga: Andi Gani dan Pimpinan Serikat Buruh Sampaikan Dukungan ke Ganjar Pranowo

Sementara, Presiden KSPSI Andi Gani mengatakan pertemuannya dengan Ganjar memantapkan pilihan dari elemen buruh khususnya KSPSI mendukung penuh Ganjar untuk maju sebagai presiden republik Indonesia.

"Jadi kami pastikan kami yakinkan, KSPSI sebagai konfederasi buruh dengan 10 federasinya baik yang di tanah air maupun yang di Hongkong, Makau, di seluruh luar negeri, kami mendukung all out pencalonan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden republik Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Hari Buruh, Ganjar Ucapkan Terima Kasih atas Dukungan Buruh di Pilpres 2024

Terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan dukungan buruh terhadap Ganjar justru mempertegas bahwa buruh tidak lagi menjadi kelompok kritis pada pemerintah.

"Karena seharusnya tidak perlu ada upaya dukungan pada capres, tetapi fokus pada penyampaian dan dorongan pada pemerintah agar membangun kebijakan yang pro buruh," jelasnya saat dihubungi Media Indonesia.

Lebih lanjut, menurutnya dukungan pada Ganjar juga menandai lumpuhnya independensi buruh.

"Karena bagaimanapun Ganjar tidak dapat berbuat banyak, satu contoh saja bisa dilihat bagaimana kondisi perburuhan di Jawa Tengah hari ini yang situasinya jauh lebih buruk dibanding provinsi lain," kata Dedy.

"Untuk itu, keberadaan Ganjar dalam aksi buruh hari ini, lebih tepat disebut sebagai dukungan partai buruh pada Ganjar, bukan buruh secara umum," pungkasnya. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat