visitaaponce.com

Airlangga Hartarto Bicara soal Merger Koalisi Besar, Golkar dan PKB Tim Inti

Airlangga Hartarto Bicara soal Merger Koalisi Besar, Golkar dan PKB Tim Inti
KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bicara soal merger koalisi besar terkait pertemuannya dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.(MI/Moh Irfan)

KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin di Pelataran, Jakarta, Rabu (3/5).

Saat ditanya soal agenda politik untuk pemilu 2024, Airlangga menjelaskan pertemuan itu dalam rangka lebaran.

"Halalbihalal. Ini kan dalam rangka halalbihalal," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/5).

Baca juga : PKB Golkar Beri Sinyal untuk Prabowo Segera Tetapkan Cawapres

Ia mengatakan mengenai penentuan bakal wakil calon presiden (cawapres), menurutnya tidak menutup kemungkinan koalisi besar dapat dibentuk. Gabungan koalisi yang dimaksud antara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Indonesia Raya (KIR). Ia menyebutnya sebagai merger.

"kiita bicara koalisi besar. Jadi ada KIB, KIR. ada yg lain juga. Merger. Ada yang lain juga," ucapnya.

Baca juga : KIB Terancam Bubar, Golkar Bisa ke Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo

Mengenai progres gabungan koalisi, Airlangga mengatakan masih dalam tahap pematangan. Pasalnya hal itu masih dibahas.

"Masih dalam pembahasan. Teknis," imbuhnya.

Ditemui seusai pertemuan dengan Cak Imin, Airlangga mengatakan Golkar dan PKB harus menjadi koalisi inti jika merger koalisi besar itu jadi terbentuk.

Airlangga mengatakan koalisi besar butuh koalisi inti dan ini sudah dibicarakan lebih lanjut antara dua partai. Atas keinginan tersebut kedua partai sudah menunjuk tim pemenangan yang kemungkinan akan membuat poros baru.

"Kami berdua bicara koalisi besar dan membutuhkan koalisi inti yang hari ini duduk bersama koalisi inti antara Golkar dan PKB. Kami sudah menunjuk tim pemenangan dari PKB dan Golkar," ujarnya.

Seperti diberitakan, Partai Golkar telah menjalin koalisi bersama yakni KIB dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sedangkan PKB berkoalisi dengan Partai Gerindra membentuk KIR.

Meski demikian, belum ada nama bakal calon presiden dan wakil presiden yang muncul dari dua koalisi itu. Sementara PDI Perjuangan telah mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung pada pemilu 2024. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat