visitaaponce.com

Grace Tahir Bungkam Usia Diperiksa KPK Terkait Dugaan TPPU Rafael Alun

Grace Tahir Bungkam Usia Diperiksa KPK Terkait Dugaan TPPU Rafael Alun
Direktur Mayapada Hospital sekaligus Direktur Philips Indonesia Grace Dewi Riady alias Grace Tahir, usai diperiksa sebagai saksi di KPK.(MI/Adam Dwi)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) turut meminta pihak swasta Grace Dewi Riady atau Grace Tahir memberikan informasi soal dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo. Dia diduga memiliki informasi yang dibutuhkan penyidik.

Grace hanya bungkam usai diperiksa penyidik KPK. Dia dimintai keterangan sekitar tiga setengah jam. Dia juga enggan memberikan jawaban saat ditanya adanya aliran dana di kasus Rafael. Grace cuma menggelengkan kepalanya kepada para wartawan.

"Terkait dengan pemeriksaan saudara GT (Grace Tahir) ya itu memang di perkaranya Pak RAT (Rafael Alun Trisambodo), jadi itu masih kita sedang menelusuri perkaranya TPPU (tindak pidana pencucian uang)," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Kamis, (11/5).

Baca juga: KPK Usut Asal Usul Uang Perusahaan Rafael Alun di Kasus TPPU

Asep belum bisa memerinci informasi yang diulik penyidik kepada Grace. KPK memastikan data yang dicari berkaitan dengan kasus.

"Jadi, ada apanya terkait dengan masalah aliran dana dan lain-lain, seperti itu," ucap Asep.

KPK menjerat Rafael Alun Trisambodo dengan dugaan pencucian uang. Lembaga Antirasuah memiliki bukti permulaan yang cukup.

Baca juga: KPK Dalami Keterlibatan Keluarga Rafael Alun Dalam Kasus Pencucian Uang

"Diduga kuat ada kepemilikan aset-aset tersangka RAT (Rafael Alun Trisambodo) yang ada tautan dengan dugaan TPPU (tindak pidana pencucian uang)," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 10 Mei 2023.

Ali enggan memerinci aset yang disamarkan Rafael. KPK meyakini barang itu dibeli dengan uang hasil gratifikasi.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat