visitaaponce.com

104 Kendaraan, Tanah, dan Uang Miliaran Disita KPK Terkait Gratifikasi dan TPPU Eks Bupati Kukar Rita Widyasari

104 Kendaraan, Tanah, dan Uang Miliaran Disita KPK Terkait Gratifikasi dan TPPU Eks Bupati Kukar Rita Widyasari
Penyidik KPK menyita 104 kendaraan, tanah, dan miliaran uang terkait kasus gratifikasi dan pencucian uang mantan Bupati Kutai Kartanegara(Metro TV)

SEBANYAK 104 kendaraan disita penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai barang bukti kasus gratifikasi dan pencucian uang mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari

“Kendaraan bermotor berupa 72 mobil dan 32 motor,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Minggu (9/6).

Tidak hanya itu, KPK juga menyita tanah dan bangunan milik Rita di enam lokasi. Selain itu sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan asing juga diambil sementara oleh penyidik.

Baca juga : KPK Periksa Aziz Syamsuddin soal Aliran Uang Perkara Rita Widyasari

“Uang dalam mata uang rupiah senilai Rp6,7 miliar dan dalam mata uang USD dan mata uang asing lainnya senilai total kurang lebih Rp2 miliar,” ujar Tessa.

KPK sangat meyakini adanya penerimaan gratifikasi dan pencucian uang yang dilakukan Rita selama menjabat. Ratusan dokumen dan bukti elektronik menguatkan tuduhan itu.

Semua barang itu disita KPK saat melakukan penggeledahan pada 13 Mei 2024 sampai dengan 6 Juni 2024. Lokasi upaya paksa itu dilakukan di Jakarta, Samarinda, dan Kutai Kartanegara.

Baca juga : Pesawat Jet Pribadi Lukas Enembe Bisa Langsung Dilelang jika Disita

“Penggeledahan dilakukan pada sembilan kantor dan 19 rumah,” ucap Tessa.

Dalam perkembangan kasus ini, KPK rumah pengusaha batu bara Said Amin di Samarinda pada Kamis, 6 Juni 2024. Lembaga Antirasuah memastikan upaya paksa itu bukan penangkapan seperti infromasi yang beredar di wilayah tersebut.

“Iya (digeledah), kemarin kayaknya,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata melalui keterangan tertulis, Jumat, 7 Juni 2024.

Alex menyebut ada sejumlah mobil yang dibawa penyidik dari kediaman Said yang juta ketua Pemuda Pancasila Kalimantan Timur (Kalitim) itu. Namun, jenis kendaraannya tidak dirinci.

“Ada belasan mobil yang disita,” ujar Alex. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat