visitaaponce.com

Pesawat Jet Pribadi Lukas Enembe Bisa Langsung Dilelang jika Disita

Pesawat Jet Pribadi Lukas Enembe Bisa Langsung Dilelang jika Disita
Guna mencegah ongkos perawatan yang mahal, KPK akan langsung melelang jet pribadi milik Lukas Enembe bila disita.(MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang langsung melelang pesawat jet pribadi mantan Gubernur Papua Lukas Enembe jika disita. Sikap itu diambil untuk mencegah adanya ongkos perawatan yang mahal.

"Bisa menggunakan fasilitas lelang karena di penyidikan itu sudah boleh dilelang untuk menjaga nilai dari aset tidak turun," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Jakarta, Jumat (22/9).

Asep menjelaskan harga jual pesawat itu bakal anjlok jika menunggu kasusnya berkekuatan hukum tetap. Selain itu, KPK biaya penjualan harus terpotong dengan biaya perawatan yang tinggi.

Baca juga: Bela Diri, Lukas Enembe Klaim Pembuktian KPK Lemah

Karenanya, pelelangan dinilai penting untuk mencegah harga pesawat Lukas menurun saat disita nanti. Penyidik hanya tinggal menguatkan bukti keterkaitan jet pribadi itu dengan dugaan pencucian uang yang menjerat mantan Gubernur Papua itu.

"Kalau masih penyidikan dilelang itu nilainya relatif bisa terjaga. Nanti pilihan itu bisa diambil bila terbukti pesawat itu berasal dari uang tipikor," ujar Asep.

Baca juga:Aliran Uang Panas Lukas Enembe Terus Diselusuri KPK

KPK terus mengulik pembelian jet pribadi yang dilakukan Lukas. Teranyar, informasi itu didalami dengan memeriksa pegawai negeri sipil (PNS) Fernando Ariatanio Rinto.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain masih terkait dengan dugaan pembelian pesawat jet oleh tersangka LE (Lukas Enembe)," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 September 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu menjelaskan pihaknya meyakini jet pribadi Lukas yang dicari terkait dengan kasus dugaan pencucian uang. Lembaga Antirasuah kini mengupayakan penyitaan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat