visitaaponce.com

Cerita Keluarga Tanoto Sewa Pesawat Khusus Angkut APD di Awal Pandemi Covid-19

Cerita Keluarga Tanoto Sewa Pesawat Khusus Angkut APD di Awal Pandemi Covid-19
Pesawat Boeing 777-300ER Garuda Indonesia membawa bantuan APD dari Tanoto Foundation(Dok. Tanoto Foundation)

SELAIN sukses di dunia bisnis, keluarga Tanoto juga memiliki rekam jejak panjang di dunia filantropi lewat Tanoto Foundation. Salah satu sepak terjang Tanoto Foundation ialah membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dikutip dari buku “COVID-19, Merekam Jejak Perjalanan Indonesia Bangkit dari Serangan COVID-19”, yang diterbitkan Penerbit Buku KOMPAS (Januari 2023), pada awal serangan Covid-19, terjadi kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, maupun baju pelindung, khususnya untuk tenaga kesehatan (nakes). 

Akibatnya, pada saat itu, banyak nakes yang tertular dan ikut menjadi korban saat merawat pasien Covid-19.

Baca juga : POGI-IDI Luncurkan Pedoman Terbaru Standar Perlindungan Dokter dan Nakes di Masa Pandemi

Minimnya pasokan APD produksi lokal membuat banyak negara kemudian berebut membeli APD ke Tiongkok yang merupakan produsen terbesar APD di dunia. Tingginya permintaan APD saat itu membuat harga melonjak hingga 7 kali lipat. 

Apalagi, di Tiongkok sendiri, kebutuhan APD juga sedang tinggi-tingginya. Sehingga, selain harganya yang melonjak, APD juga susah didapat karena harus berebut dengan berbagai lembaga lain. 

Berkat kegigihan, Tanoto Foundation akhirnya mampu mendapatkam 1 juta masker, 1 juta sarung tangan, 100 ribu baju pelindung, dan 3.000 kacamata pelindung. Namun, masalah muncul karena pada saat itu penerbangan internasional dari Tiongkok ke Indonesia sudah ditutup untuk meredam penyebaran Covid-19. 

Baca juga : Persi: Kenaikan Angka BOR Makin Merambah ke Banyak Provinsi

Padahal, APD itu harus dikirim secepatnya ke Indonesia agar bisa digunakan nakes untuk melindungi diri saat merawat pasien COVID-19.

Akhirnya, melalui Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang didirikan Sukanto Tanoto dan istrinya, Tinah Bingei Tanoto, pun menyewa jet pribadi untuk membawa bantuan APD itu dari Nanchang Changbei International Airport.

"Bantuan APD itu tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada 3 April 2020. Bantuan APD Tanoto Foundation ini adalah bantuan APD pertama yang datang dari pihak non-pemerintah di awal pandemi Covid-19," ungkap buku tersebut

Baca juga : RS Puri Raharja Terima Bantuan Ribuan APD Dari PT Emtek

Banyaknya bantuan APD yang dibawa membuat jet pribadi itu harus dua kali bolak-balik dari Tiongkok ke Indonesia. Kapasitas jet pribadi yang terbatas akhirnya membuat Tanoto Foundation memutuskan untuk menyewa pesawat berbadan lebar Boeing 777-300 ER milik maskapai Garuda Indonesia.

Sepanjang pandemi Covid-19, Tanoto Foundation tercatat beberapa kali menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk membawa masker, sarung tangan, baju pelindung, kaca mata pelindung, hingga konsentrator oksigen yang dibeli dari Tiongkok ke Indonesia.

"Bantuan itu selanjutnya diserahkan ke Satgas Penanganan Covid-19 untuk disalurkan ke para nakes dan rumah sakit di berbagai wilayah di Indonesia. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat