visitaaponce.com

PT Kao Dukung Proses Hukum Dugaan Kasus Pelecehan Seksual oleh Karyawan PT Ikeda

PT Kao Dukung Proses Hukum Dugaan Kasus Pelecehan Seksual oleh Karyawan PT Ikeda
Ilustrasi. Korban tindak kriminal pelecehan seksual.(Thinkstock/Ilustrasi)

MENANGGAPI pemberitaan dan informasi publik yang beredar terkait dengan adanya dugaan tindak pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kerja, PT Kao Indonesia sangat berempati terhadap pelapor sebagai korban.

PT Kao Indonesia juga sangat menyayangkan kejadian tersebut, serta memastikan bahwa baik pelaku dan korban bukan merupakan karyawan PT Kao Indonesia.

Terkait kejadian ini, PT Kao Indonesia segera memberikan instruksi kepada PT Ikeda selaku perusahaan alih daya (outsourcing) untuk memberhentikan terlapor dugaan kasus pelecehan seksual selama proses hukum yang berjalan.

Baca juga: Menaker: Usut Tuntas Kasus Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Sebelumnya Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Afriansyah Noor telah melakukan kunjungan ke PT Kao Indonesia dan diterima baik untuk diskusi secara langsung dengan perwakilan PT Kao Indonesia serta mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan.

“Tadi sudah diceritakan bahwa PT Kao sudah meminta PT Ikeda memberhentikan sementara manajer yang bermasalah sambil hukum berjalan," tutur Wamenaker saat menginspeksi PT Kao Indonesia, Kamis (11/5).

Sayangkan Terjadi Kekerasan Seksual

“Kami sangat berempati dan menyayangkan kejadian dugaan kekerasan seksual di lingkungan kerja dan memberi dukungan penuh yang diperlukan khususnya kepada pelapor selama proses hukum berjalan," kata Wisik Restu selaku AVP Legal, Compliance dan Corporate Communications PT Kao Indonesia dalam keterangan pers, Jumat (12/5).

"Baik pelapor dan terlapor merupakan karyawan PT Ikeda yang ditempatkan di PT Kao Indonesia. Bentuk dukungan yang kami berikan berupa komitmen dengan langsung meminta PT Ikeda untuk menonfaktifkan terlapor.” jelas Wisik.

Baca juga: DPR Minta Tindak Tegas Empat Perusahaan Diduga Terlibat Pelecehan Karyawati

"PT Kao Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan etika, keselamatan, dan keamanan karyawan sebagai hal yang paling utama dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis, sesuai dengan Business Conduct Guideline (BCG) Perusahaan kami," tuturnya.

Beberapa upaya kontrol telah dilakukan Kao Indonesia antara lain mensosialisasikan nilai BCG kepada seluruh mitra kerja.

Sealin itu, Kao Indonesia juga menyediakan saluran komunikasi khusus sebagai saluran resmi untuk seluruh karyawan ataupun karyawan perusahaan alih daya untuk dapat melaporkan dugaan tindak kejadian apapun di lingkungan kerja dengan menjamin kerahasiaan identitas pelapor untuk dapat ditindak lanjuti.

Siap Kawal Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual

“Kami sudah meminta dengan tegas dan segera kepada PT Ikeda, untuk dapat mengawal proses hukum yang terjadi sampai tuntas," tegas Wisik.

Baca juga: Viral Bos Cikarang 'Paksa' Karyawan Tidur Bareng, LPSK Diminta Lindungi Saksi Korban

"Kami juga meminta PT Ikeda untuk memberikan pernyataan resmi sebagai bentuk komitmen dukungan langsung terhadap korban dan proses hukum yang berjalan terhadap terlapor yang dimana keduanya merupakan karyawan resmi PT Ikeda," jelasnya.

:Kami berkomitmen untuk secara berkelanjutan melaksanakan nilai-nilai BCG perusahaan kepada karyawan dan mitra bisnis, supaya tidak ada lagi oknum-oknum yang melakukan tindakan  tidak terpuji,” tutur Wisik. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat