visitaaponce.com

Presiden Jokowi Kembali Cek Jalanan Rusak, Kali Ini di Sumut

Presiden Jokowi Kembali Cek Jalanan Rusak, Kali Ini di Sumut
Presiden Jokowi mengecek jalan rusak di Labuan Batu Utara, Sumatera Utara.(Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo melakukan Peninjauan mendadak di Ruas Jalan Gunting Saga, Kabupaten Labuan Batu Utara, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Rabu (17/5). Presiden menyebut bahwa di Sumatera Utara ada sekitar 2.600 kilometer (km) jalan nasional. Sedangkan kondisi yang rusak diperkirakan sekitar 260km. Lalu, jalan provinsi, imbuhnya, 3.005km. Adapun jalan kabupaten sepanjang 33.000km.

"Nah ini yang banyak rusak, dari 33.000 kilometer di Sumatera Utara, yang rusak kira-kira 13.000km, salah satunya ini yang kita lihat di Labuhan Batu Utara," papar presiden seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5).

Selain itu, kondisi ruas jalan yang rudaj lain, ujar presiden adalah yang menuju ke Tanjung Leidong sepanjang 17km. Presiden menjanjikan adanya perbaikan. Proyek perbaikan itu, terangnya, paling lambat dimulai Juli 2023.

Baca juga: Presiden Minta Pemda Biayai Transportasi Logistik Pangan

"Juli dan semua yang di Sumatera Utara tetap sama kita bagi, ada yang dikerjakan oleh pak gubernur, ada yang dikerjakan oleh pak bupati, ada yang diambil alih oleh pusat yang kira-kira provinsi kabupaten atau kota tidak memiliki kemampuan," paparnya.

Kondisi jalanan rusak, menurutnya tidak hanya terjadi di Provinsi Sumatera Utara. Provinsi lain juga diperkirakan hampir serupa. Presiden mengaku mendapat informasi soal jalanan rusak dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain itu, ia memantau keluhan masyarakat di media sosial.

Baca juga: Pengamat : Satgas Hanya Jadi Tempat Pencari Kerja

"Saya dapat dari (kementerian) PU dapat saya dari masyarakt lewat ig (Instagram) lewat Twitter, lewat Facebook yang saya miliki semuanya dapa karena kemarin saya cek urusan jalan rusak saja ada 7.400 lokasi yang masuk ke IG, Twitter, facebook yang kita miliki," papar Jokowi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat