visitaaponce.com

Presiden Minta Pemda Biayai Transportasi Logistik Pangan

Presiden Minta Pemda Biayai Transportasi Logistik Pangan
Sapi diangkut di dalam truk.(Antara)

Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Daerah (Pemda) membantu membiayai transportasi bahan pangan, mulai dari pusat produksi sampai ke pasar, dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Instruksi itu ia sampaikan saat mengunjungi Pasar Talang Banjar, Kota Jambi, Selasa (16/5).

"Untuk pengendalian harga sembako, yang baik itu daerah bisa bantu biayai transportasi sembako dari tempat produksi ke pasar," ujar Jokowi.

Langkah tersebut harus dilakukan demi menjaga tingkat inflasi sehingga daya beli masyarakat tidak mengalami penurunan.

Baca juga: El Nino Mengancam, Pemda Diminta Perkuat Cadangan Pangan

Sementara itu, dari tinjauan ke pasarkepala negara melihat harga sejumlah kebutuhan bahan pangan pokok dalam kondisi stabil dan cenderung menurun. Hanya telur saja yang mengalami kenaikan.

"Telur itu naik tapi sedikit," tuturnya.

Baca juga: Bapanas Sebut Stabilitas Pangan Kunci Inflasi Ramadhan 2023 Lebih Rendah

Berdasarkan pantauan di pasar, harga telur ayam di Pasar Talang Banjar mencapai Rp1.800 per butir atau mengalami kenaikan Rp200 per butir.

Jokowi pun meminta gubernur, bupati, wali kota untuk terus memantau harga sembako di pasar guna memastikan keterjangkauan harga.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat inflasi gabungan Kota Jambi dan Muaro Bungo pada April 2023 sebesar 0,15 persen atau dalam kondisi stabil. Kondisi itu dipicu penurunan harga bahan pangan yang telah diintervensi oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat