visitaaponce.com

Survei Simulasi Ganjar-Erick Unggul Head to Head dengan Prabowo-Khofifah

Survei Simulasi: Ganjar-Erick Unggul Head to Head dengan Prabowo-Khofifah
Capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir yang diusulkan jadi cawapres.(HO/Antara)

DUET kandidat calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam menatap pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal tersebut berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan oleh lembaga survei Indo Strategi, duet kepala daerah dan menteri ini mengungguli pesaingnya.

Dalam simulasi yang dilakukan lembaga survei Indo Strategi, duet Ganjar – Erick dipertemukan head to head  dengan Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Dukungan Masyarakat Naikkan Daya Tawar Erick Thohir

Menurut hasil simulasi Indo Strategi, masyarakat mengiginkan duet Ganjar – Erick menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

Pasangan Ganjar-Erick Raih 43 Persen

Pasangan Ganjar – Erick terekam memiliki elektabilitas sebesar 43 persen. Sedangkan duet Prabowo – Khofifah hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 12,8 persen.

“Pemilih Prabowo - Khofifah 12,8 persen dan pemilih Ganjar - Erick 43 persen. Tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 14,2 persen,” terang Direktur Indo Strategi, Arif Nurul Imam, dalam Pemaparan Hasil Survei Peta Dukungan Capres Jelang Pemilu 2024 yang dilaksanakan secara daring.

Baca juga: Duet Prabowo-Erick Thohir Makin Menguat

Dari hasil tersebut, duet Ganjar – Erick unggul sangat jauh dengan pasangan Prabowo – Khofifah. Duet ini terpisah jarak sebesar dukungan sebesar 30,2 persen.

Hasil tersebut juga memastikan, duet Ganjar – Erick akan menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya jika hanya berhadapan dengan pasangan Prabowo – Khofifah. Perlu diketahui, survei dirilis Indo Strategi, Rabu (17/05/) secara daring. 

Baca juga: Elektabilitas Erick Thohir Ungguli Tokoh NU, Gus Muhaimin dan Khofifah

Survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik multistage random sampling dengan jumlah sample 1.230 responden dan margin of error (MoE) -/+ 2,83 persen dengan Level of Confidence atau tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden yakni penduduk yang berusia +/= 17 tahun atau yang telah memiliki KTP. Tersebar secara proporsional di 34 Provinsi di Indonesia.

Teknik Pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner, kontrol kualitas spot check 10 persen dari sampel. Waktu pengumpulan data survei yakni 1 hingga 10 Mei 2023. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat