visitaaponce.com

Elektabilitas Erick Thohir Ungguli Tokoh NU, Gus Muhaimin dan Khofifah

Elektabilitas Erick Thohir Ungguli Tokoh NU, Gus Muhaimin dan Khofifah
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia. Yunarto Wijaya.(Dok.Mi)

MENTERI BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, kembali unggul dalam perolehan elektabilitas berdasarkan hasil survei terbaru dari lembaga Charta Politika Indonesia.

Sebagai kader dari Nahdlatul Ulama (NU), menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengungguli elektabilitas politisi lama NU lain seperti Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Gus Muhaimin dan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa di bursa calon wakil presiden (cawapres).

Berdasarkan temuan Charta Politika, Erick memiliki elektabilitas sebesar 9,2 persen di bursa calon orang nomor dua di Indonesia. Sedangkan di belakangnya terdapat orang nomor satu di Jatim yakni Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Erick Thohir Cawapres Paling Strategis Diusung Parpol

Khofifah sendiri hanya memiliki elektabilitas sebesar 5,8 persen. Kedua tokoh NU ini memiliki selisih elektabilitas yang cukup besar yakni di angka 3,4 persen. 

Survei : Elektabilitas Erick Kalahkan Dua Kader NU

Angka tersebut berada di atas angka margin of error (moe) survei Charta Politika yakni 2,82 persen. Sementara itu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar berada di posisi terakhir dari kader NU lainnya.

Ia terekam hanya memiliki elektabilitas sebesar 3,5 persen. Selisih 5,7 persen dari Erick dan 2,3 persen dari Khofifah.

Baca juga: Dukungan NU Dinilai Jadi Poin Penguat Kandidasi Cawapres Erick Thohir

Dengan ini, Erick menduduki peringkat teratas dalam perolehan elektabilitas cawapres dibandingkan dengan kader NU lainnya.

Seperti diketahui, Eks Presiden Inter Milan ini adalah Anggota Kehormatan Banser NU dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Tambahan informasi, Charta Politika melakukan survei pada periode 2 hingga 7 Mei 2023 dengan metode wawancara tatap muka.

Baca juga: Aliansi Kiai dan Santri NU Se-Sidoarjo Dukung Erick Thohir Maju Pilpres 2024

Lembaga besutan Yunarto Wijaya ini menggunakanametode multistage random sampling dengan jumlah sampel 1.220 responden yang tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Survei ini memiliki moe sebesar 2,82 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Ini survei tatap muka dengan 1220 responden dan kita mendapatkan margin of error 2,82 persen, dan data ini diambil dari 2 sampai 7 Mei. Jadi memang setelah lebaran, setelah deklarasi Batu Tulis dan ramai – ramainya isu Piala Dunia U-20,” terang Yunarto. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat