visitaaponce.com

Indonesia Iran Sepakat Perjuangkan Hak Palestina dan Atasi Krisis Afghanistan

Indonesia Iran Sepakat Perjuangkan Hak Palestina dan Atasi Krisis Afghanistan
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Iran Ebrahim Raeisi (kedua kiri) memeriksa pasukan di Istana Bogor, Jawa Barat(Antara )

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia dan Iran sepakat terus mendukung perjuangan rakyat Palestina serta mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan

Hal itu ditegaskan presiden saat memberikan pernyataan pers bersama dengan Presiden Republik Islam Iran Seyyed Ebrahim Raisi seusai pertemuan bilateral dan pembahasan mengenai situasi geopolitik.

"Dengan terus menyuarakan akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan dan terus memberikan bantuan kemanusiaan," ucap presiden di Ruang Teratai, Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (23/5).

Baca juga : Jokowi Gandeng Iran Kembangkan Bioteknologi dan Nanoteknologi

Sementara itu, Presiden Seyyed menambahkan rakyat Palestina yang tertindas harus didukung agar segera bebas. Sedangkan untuk Afghanistan, menururnya perempuan dan anak-anak di Afghanistan berhak menempuh berbagai jenjang pendidikan. 

Baca juga : Indonesia-Iran Tandatangani 10 Kesepakatan Kerja Sama, Ini Daftarnya

Ia menjelaskan berkat revolusi Islam di Iran, anak perempuan dan perempuan hadir di berbagai bidang seperti politik, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan dan medis.

Pada pertemuan bilateral, telah disepakati sepuluh kesepakatan antar kedua negara. Sepilih kesepakatan tersebut mencakup bidang preferensi perdagangan, pemberantasan peredaran gelap narkotika, ilmu pengetahuan (Iptek) dan inovasi, jaminan produk halal, pengembangan sektor energi.

Selanjutnya, regulasi produk farmasi, biologi, obat tradisional, kosmetik dan pangan olahan, pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas, bantuan administrasi timbal balik di bidang kepabeanan, promosi perdagangan dan program pertukaran kebudayaan.(Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat