visitaaponce.com

Buru-buru Umumkan Cawapres Dinilai Menguntungkan Lawan Politik Anies

Buru-buru Umumkan Cawapres Dinilai Menguntungkan Lawan Politik Anies
Capres Partai Nasdem Anies Baswedan(MI)

TERBURU-buru mengumumkan nama calon wakil presiden (cawapres) untuk calon presiden (capres) Anies Baswedan dinilai berbahaya. Sebab, lawa politik mantan Gubernur DKI Jakarta itu malah akan diuntungkan.

"Ada yang berpandangan, jika sejak dini figur cawapres sudah diumumkan bisa berdampak buruk karena lawan politik sudah mengetahui dan dapat segera menyusun strategi yang efektif," kata Direktur Eksekutif IPI Karyono Wibowo, Sabtu (3/6).

Karyono menyebut langkah Anies menahan pengumuman nama pendampingnya untuk menjaga efek kejut sudah tepat. Sosok cawapres itu tidak boleh diumumkan sejak dini untuk mencegah lawan politiknya membaca gerakan.

Baca juga: Anies Diharapkan Pilih Cawapres yang Beri Kontribusi di Pemilu 2024

Dia juga menyebut merahasiakan sementara nama cawapres Anies merupakan hal lumrah dalam politik. Sebab, tidak semua langkah koalisi wajib dibeberkan ke publik.

"Dalam pertarungan politik, memang ada informasi yang perlu disampaikan secara terbuka, tapi ada yang harus dirahasiakan, salah satunya adalah merahasiakan figur cawapres yang sesungguhnya," ucap Karyono.

Baca juga: Anies Baswedan Segera Bertemu Presiden PKS Bahas Cawapres

Efek kejut dalam kontestasi politik penting untuk meningkatkan elektabilitas Anies. Apalagi, kata Karyono, jika cawapresnya merupakan sosok yang pas untuk capres yang diusung.

"Selain itu, dipengaruhi oleh kinerja partai koalisi dan seluruh elemen pendukung serta taktik dan strategi yang efektif," ujar Karyono.

Calon wakil presiden (cawapres) untuk calon presiden (capres) Anies Baswedan segera diumumkan. Tenggat paling lama 16 Juli 2023.

"Pak Surya (Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh) sudah memberikan kapan time limit 16 Juli maksimal kita sudah akan declare, paling lambat 16 Juli," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Juni 2023.

Willy menjelaskan Anies sudah mengantongi nama cawapres tersebut. Namun, dia tidak bisa membeberkan sosoknya saat ini, hal tersebut berdasarkan keputusan bersama. (Can)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat