visitaaponce.com

Elektabilitas Anies Bisa Terdongkrak Tanpa Perlu Deklarasi Cawapres

 Elektabilitas Anies Bisa Terdongkrak Tanpa Perlu Deklarasi Cawapres
Bakal Calon Presiden RI dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan berpidato saat menghadiri Peringatan milad ke-21 PKS(Antara)

PENELITI  dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai tren penurunan elektabilitas bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan bukan karena dipengaruhi belum adanya kepastian figur bakal cawapres pendampingnya. Justru, kerja politik yang menentukan elektabilitas Anies kembali terdongkrak.

"Sangat mungkin bukan karena itu. Tetapi kerja-kerja politik dari partai pendukung lah juga harus semakin digiatkan," kata Bawono saat dihubungi di Jakarta, Rabu (7/6). 

Baca juga : Berlatar Militer, AHY Didukung Jadi Pendamping Anies

Bawono mengatakan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) harus menunjukkan strategi terbaik. Khususnya menciptakan poros pemilih yang solid.

Baca juga : Puan Sebut AHY, PKS: Coba Pecah Konsentrasi Koalisi Perubahan

TKPP terdiri dari tiga parpol koalisi, Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tiga parpol ini juga harus solid meyakinkan pemilih untuk menjatuhkan pilihan ke Anies.

"Agar para pemilih atau konstituen dari partai-partai pendukung lebih solid dalam memberikan dukungan terhadap anies baswedan sehingga tidak mengalami split ticket voting," ujar Bawono.

Survei Indikator Politik Indonesia mencatat, pada simulasi tiga nama bakal capres, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih kokoh di tiga besar. Prabowo menempati posisi puncak.

"Pada simulasi tiga nama, Prabowo 38 persen, Ganjar 34,2 persen, dan Anies 18,9 persen. Belum menjawab sekitar 8,8 persen," kata peneliti Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk 'Saling Salip Elektabilitas dan Cawapres Jelang 2024', Minggu, 4 Juni 2023.

Burhanuddin mengatakan pada simulasi tiga nama capres, Prabowo konsisten menunjukkan tren peningkatan sejak awal 2023. Ganjar sempat menguat pasca polemik Piala Dunia U-20 dan ditetapkan sebagai capres dari PDIP, tapi stagnan dalam sebulan terakhir.

"Sementara Anies masih kesulitan keluar dari tren penurunan sejak akhir tahun lalu," ucap Burhanuddin.

Populasi dari survei yang dilakukan 26-30 Mei 2023 ini ialah warga negara Indonesia minimal 17 tahun dan memiliki telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

RDD adalah teknik memilih sampel melalui nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1.230 responden dipilih melalui nomor telepon secara acak. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling. (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat