visitaaponce.com

Elektabilitas Kokoh, Erick Thohir Dinilai semakin Memikat Partai Politik

Elektabilitas Kokoh, Erick Thohir Dinilai semakin Memikat Partai Politik
Momen Erick Thohir berada di satu meja makan bersama Prabowo Subainto, Ganajar Pranowo, dan Gibran Rakabuming Raka(MI/Widjajadi )

MEMILIKI elektabilitas kokoh menjadi daya pikat Menteri BUMN Erick Thohir untuk diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Salahudin mengungkapkan tingginya daya elektoral menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menguatkan potensi keterusungan pada kontestasi demokrasi mendatang.

“Erick Thohir bisa jadi karena keterkenalannya dan tingkat popularitas dan beberapa survei juga tingkat elektabilitasnya tinggi maka dia juga akan menjadi perhatian partai-partai politik, termasuk menjadi perhatian cawapres,” kata Salahudin, ketika dihubungi, Rabu (23/8).

Salahudin melanjutkan, di dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti, para capres pasti akan memilih sosok cawapres yang memiliki elektabilitas yang tinggi guna mendongkrak perolehan elektabilitas. Oleh karena itu, Salahudin menegaskan, elektabilitas dan keterkenalan yang dimiliki Erick Thohir akan membawa berkah elektoral bagi capres yang akan berpasangan.

Baca juga : Sukses di PSSI, Dongkrak Elektabilitas Erick Thohir

Terlebih tingkat keterkenalan dan elektabilitas tinggi yang dimiliki Erick Thohir memang terbukti unggul daripada Menparekraf, Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil.

“Karena cawapres itu kan, tentu dalam proses dia memilih capres cawapresnya dia akan memilih orang atau politisi atau siapapun itu yang secara politik kuat, dan secara politik popularitasnya dikenal oleh publik, karena itu saya melihatnya Erick Thohir jauh lebih memiliki peluang untuk menjadi cawapres dibandingkan dua nama tadi,” ungkap Salahudin.

Kandidasi Erick Thohir dalam Pilpres 2024 memang sangat terbuka lebar dan mampu memberikan sokongan dukungan yang kuat terhadap capres yang akan berpasangan. Selain memiliki rekam jejak yang nyata sebagai menteri terbaik di kabinet Presiden Jokowi, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu juga terbukti memiliki daya elektoral yang tinggi.

Daya elektoral Erick Thohir yang tinggi itu tercermin dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode 1-8 Juli 2023. Dari survei itu, terbukti Erick Thohir mengantongi keunggulan dibandingkan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno.

Dari simulasi tujuh nama Cawapres yang dilakukan oleh LSI, Erick Thohir bertengger di urutan pertama dengan total elektabilitas mencapai 21,2 persen. Diikuti Ridwan Kamil dengan total dukungan mencapai 19,6 persen dan Sandiaga Uno dengan jumlah dukungan 17,5 persen. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat