visitaaponce.com

Sukses di PSSI, Dongkrak Elektabilitas Erick Thohir

Sukses di PSSI, Dongkrak Elektabilitas Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir(Dok. Ist)

JELANG Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Menteri BUMN Erick Thohir mengalami peningkatan elektabilitas sebagai calon wakil presiden (cawapres). Menurut Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo menilai hal tersebut dikarenakan Ketum PSSI ini berhasil membangun organisasi yang bertanggung jawab mengelola sepak bola di Indonesia ke arah lebih baik. 

"Kalau Erick Thohir ini mulai terkenal mengurus PSSI menjadi ketuanya, dan ini jadi naik elektabilitasnya dari Jawa Timur sampai level nasional," kata Rio saat dihubungi Selasa (19/9).

Hal itu dibuktikan ketika nama Erick Thohir ini masuk di bursa cawapres dalam simulasi tujuh nama oleh survei Politika Research and Consulting (PRC) memperlihatkan lonjakan suara di Jawa Timur (Jatim). Ia berhasil menduduki posisi pertama dengan hasil 16,8 persen suara mengalahkan kandidat lainnya.

Baca juga: Pemuda Madura Dukung Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar

Selain itu dalam survei nasional pun Erick Thohir juga merajai bursa cawapres. Terutama di survei Polling Institute periode Agustus dalam simulasi 19 nama cawapres, Erick Thohir mendapatkan hasil di angka 15,1 persen.

Dalam rincian survei selanjutnya, terdapat juga simulasi lima nama cawapres yakni Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY, dan Khofifah. Lagi-lagi dalam survei tersebut, menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini unggul pada posisi pertama dengan hasil 24,5 persen.

Baca juga: Ulil: NU Tak Tertarik Terlibat Politik Dukung-Mendukung

Melihat fenomena tersebut, Rio menyampaikan Erick Thohir ini memiliki rekam jejak yang tidak bisa diremehkan. Menurutnya pengalaman sebagai Presiden Inter Milan ini membuat ia mendapat dukungan besar dari publik terutama pecinta sepak bola.

"Karena Erick Thohir ini punya latar belakang di sepak bola sebagai Presiden Inter Milan, maka tak heran pendukung sebagai cawapres Erick ini kalangan pecinta sepak bola," ungkap Rio.

Diketahui memang Eks Presiden Inter Milan memiliki rekam kerja yang sangat bagus. Adapun keberhasilan Erick Thohir yang membuat masyarakat Indonesia sekaligus Presiden Jokowi bangga seperti berhasil mengantarkan Timnas Indonesia mendapatkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023.

Tak hanya itu, ia juga berhasil menggelar pertandingan antara Indonesia melawan Argentina yang berstatus Juara Piala Dunia pada 2022 silam. Terbaru Erick Thohir bersama PSSI berhasil mencatatkan sejarah dengan mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia U-23 untuk yang pertama kali dalam sejarah. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat