visitaaponce.com

PM Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia, Ini Respon Presiden Jokowi

PM Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia, Ini Respon Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo sambut baik keputusan PM Belanda yang mengakui Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.(Dok. Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik keputusan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ia akan segera berkoordinasi dengan jajaran terkait. 

"Nanti kita lihat saya minta masukan dulu dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi," ujar Presiden Jokowi di Pasar Menteng Pulo, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).

Jokowi menjelaskan koordinasi dibutuhkan karena persoalan ini menyangkut banyak pihak. Serta berdampak luas. 

Baca juga: Setelah 78 Tahun, Belanda Akhirnya Akui Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Sebelumnya, kabinet di Belanda secara resmi mengakui tanggal kemerdekaan Indonesia terjadi pada Desember 1945 dalam penjelasan di kabinet. Mereka menekankan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hal yang diberi oleh Pemerintahan Belanda, alih-alih perjuangan rakyat Indonesia. 

“Belanda mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan (Indonesia) sepenuhnya dan tanpa syarat,” ungkap Rutte, dikutip dari media lokal Belanda Trouw, Rabu.

Baca juga: Indonesia Minta Dukungan Denmark untuk Jadi DK PBB

Rutte menambahkan, dia bersama Presiden Indonesia Joko Widodo akan membicarakan pengakuan ini. Sebab, dia menganggap bahwa ini adalah hari yang bersejarah bagi parlemen Belanda.

“Bagaimana anda bisa bersama-sama memberikan pengakuan atas perayaan kemerdekaan Indonesia itu,” sambungnya.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat