visitaaponce.com

Erick Thohir Cocok Dampingi Prabowo, Anies, dan Ganjar

Erick Thohir Cocok Dampingi Prabowo, Anies, dan Ganjar
Ilustrasi(MI/ Duta )

NAMA Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menempati urutan pertama sebagai tokoh yang dinilai cocok menjadi calon wakil presiden bagi tiga kandidat presiden, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) periode 5-13 Juni 2023.

Dedi mengungkap nama Erick berada dalam posisi teratas survei sosok wakil presiden yang layak dipilih jika pemilih presiden dan wakil presiden dilakukan hari ini. Erick unggul dengan angka 15,5%, di atas Menko Polhukam Mahfud MD (11.1%), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (10,9%), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (6,7%).

Jika disandingkan dengan Prabowo, Erick dipilih 21,4% responden, jauh mengungguli Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dengan 9,7%.

Baca juga : Menakar Pertarungan di Tanah Jawa

"Ada 20,5% setuju Erick Thohir disandingkan dengan Anies Baswedan dan 26,8% kalau Erick Thohir disandingkan dengan Ganjar Pranowo," kata Dedi di Jakarta, Jumat (16/6).

Selain Erick, pendamping Anies yang paling banyak dipilih adalah AHY (19,4%) dan Mahfud (12%). Sedangkan pendamping Ganjar yang paling banyak dipilih di bawah Erick adalah Mahfud (13,5%) dan mantan Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi (8,3%).

"Ini mungkin gara-gara silaturahmi PDI Perjuangan dengan Perindo karena pada saat silaturahmi itu terjadi survei sedang dilakukan. Jadi momentumnya pas, karena TGB tidak ada di Prabowo. Ada di Anies, tapi posisinya rendah sekali 1,3%," jelas Dedi.

Survei yang dilakukan IPO periode 5-13 Juni 2023 itu menggunakan metode multistage random sampling (MRS) dengan margin of error atau pengukuran kesalahan 2,9% dan tingkat akurasi data 955. Survei tersebut mengambil 1.200 responden yang tersebar secara proporsional secara nasional sebagai sampel. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat