visitaaponce.com

Pengamat Prediksi Ahmad Dofiri Bakal Jadi Wakapolri

Pengamat Prediksi Ahmad Dofiri Bakal Jadi Wakapolri
Ahmad Dofiri berbincang dengan Menparekraf Sandiaga Uno(Istimewa)

Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto memprediksi Ahmad Dofiri, yang kini menjabat Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, akan menggantikan Gatot Eddy Pramono di kursi Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri).

Prediksi tersebut didasarkan pada kriteria-kriteria yang dimiliki Dofiri yang dinilai cocok untuk mengisi posisi Wakapolri.

"Tentunya harus melihat rekam jejak, senioritas dan kepangkatan. Meskipun semuanya tergantung pada pilihan Kapolri maupun petunjuk istana, sepertinya tetap akan mengerucut pada sosok Dofiri," kata Bambang saat dikonfirmasi, Jumat, 23 Juni 2023.

Baca juga: 1.596 Korban Perdagangan Orang Diselamatkan dalam 2 Pekan

Menurutnya, Wakapolri yang secara struktur adalah anak buah dari Kapolri, tidak dibenarkan menjalankan visi misi sendiri. Namun, di sisi lain, Wakapolri juga harus memberi dampak pada kebijakan-kebijakan Kapolri.

Dia memandang kriteria-kriteria itulah seharusnya dimiliki calon Wakapolri, yakni kuat, memiliki idealisme dan integritas yang tinggi tetapi bisa menempatkan diri sebagai wakil.

Baca juga: Kompolnas: Polisi Penipu Tukang Bubur Harus Dihukum Berat

"Sehingga, tidak muncul matahari kembar di tubuh Polri," jelasnya.

"Siapa sosok calon Wakapolri yang akan menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono minggu depan, tentunya adalah sosok yang bisa diterima semua faksi-faksi di internal. Sehingga, bisa melakukan konsolidasi secara cepat dan tepat untuk mendukung program-program Kapolri, tanpa kontroversi-kontroversi yang malah membuat beban organisasi," tandas peneliti Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) itu.

Sebagaimana diketahui, Wakapolri Gatot Eddy Pramono memasuki masa pensiun pada 28 Juni 2023. Hingga saat ini, Mabes Polri belum mau bicara ihwal pengganti Gatot.

"Ya nanti kita tunggu saja itu, pada saatnya pasti ada," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat