visitaaponce.com

1.596 Korban Perdagangan Orang Diselamatkan dalam 2 Pekan

1.596 Korban Perdagangan Orang Diselamatkan dalam 2 Pekan
Ilustrasi(Antara)

Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) terus beroperasi baik di tingkat Mabes Polri maupun jajaran Polda di seluruh Indonesia. Hasilnya, sebanyak 1.596 korban berhasil diselamatkan selama dua pekan satgas itu beroperasi.

"Kita lakukan penindakan terhadap pelaku dan korban. Kita berhasil selamatkan sampai 22 Juni 2023 sebanyak 1.596 orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (23/6).

Ramadhan mengatakan ribuan korban itu diselamatkan ketika mereka masih dalam proses pemberangkatan sebagai pekerja migran ilegal. Artinya, penyelamatan dilakukan di tempat-tempat penampungan.

Baca juga: Polresta Yogyakarta Tangkap Tiga Pelaku TPPO, Dua Tersangka Masih Remaja

Ramadhan menyebut sejak 5-22 Juni 2023, ada ratusan laporan polisi terkait perdagangan orang masuk ke Bareskrim Polri dan Polda jajaran. Dari ratusan laporan itu, 552 tersangka ditangkap.

"Laporan polisi yang sudah dibuat ada 472 laporan. Kemudian jumlah tersangka kasus TPPO sebanyak 552 orang," kata jenderal bintang satu itu.

Baca juga: Polda Sumsel Tangkap Remaja Perempuan Pelaku Perdagangan Orang

Ramadhan memastikan Satgas TPPO Polri masih terus mengungkap kasus perdagangan orang. Polri masih melakukan pengembangan terkait kejahatan transnasional itu. Pasalnya, masih ada lima bandar yang diburu.

"Masih dalam proses ada yang penyelidikan, ada yang penyidikan. Tentu masing-masing TKP, masing-masing Polda beda penangananya karena masing-masing modusnya beda," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat