visitaaponce.com

Erick Thohir Cawapres Populer Di Kalangan Nahdliyin

Erick Thohir Cawapres Populer Di Kalangan Nahdliyin
Erick Thohir(ANTARA)

MENTERI BUMN Erick Thohir dinilai sebagai salah satu sosok calon wakil presiden (cawapres) potensial pada pilpres 2024. Selain memiliki elektabilitas tinggi, Erick Thohir juga sangat populer di kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin.

Hal itu diungkapkan pengamat politik dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Singgih Manggalaou "Erick Thohir sangat populer di kalangan NU. Hal itu terlihat dalam Harlah 1 Abad NU yang digelar di Sidoarjo beberapa waktu lalu," kata Singgih.

Namun, tambah Singgih, kepopuleran Erick Thohir di kalangan Nahdliyin tak semata-mata muncul di momen Harlah 1 Abad NU beberapa waktu lalu. Dikatakan, Erick Thohir juga sering kali terlihat berdiskusi dengan para Nahdliyin di berbagai kesempatan.

Baca juga: Duet Prabowo Subianto-Erick Thohir Dinilai Potensial Untuk Pilpres 2024

Hal ini tidak mengherankan mengingat Erick Thohir merupakan bagian dari keluarga besar NU karena merupakan Anggota Kehormatan Banser. Karenanya, Erick Thohir juga mendapatkan dukungan dari para petinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk maju sebagai cawapres.

Selain dekat dengan para petinggi dan struktural NU, Erick Thohir juga menjadi salah satu inisiator lahirnya Badan Usaha Milik NU (BUMNU) yang diprediksi akan berjumlah 250 unit di seluruh Indonesia.  BUMNU itu sendiri memiliki tujuan mendorong Nahdliyin agar senantiasa memiliki jiwa wirausaha dan meningkatkan kemandirian ekonomi.

Melihat sepak terjang Erick Thohir untuk memajukan kalangan Nahdliyin di Jawa Timur, Singgih menegaskan popularitas Menteri BUMN tersebut semakin menunjukkan tren positif. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Ketum PSSI tersebut, bisa mengungguli tokoh yang sudah lekat dengan NU lainnya seperti Khofifah Indar Parawansa, Mahfud, MD hingga Muhaimin Iskandar. "Hal tersebut membuat Erick Thohir menjadi cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Timur," ucap Singgih. (RO/R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat