visitaaponce.com

Muhammadiyah Sambut Positif Silaturahmi Elite Politik di Mekkah

Muhammadiyah Sambut Positif Silaturahmi Elite Politik di Mekkah
Anies Baswedan bertemu dengan Ganjar Pranowo di Tanah Suci.(Suharso Monoarfa)

PIMPINAN Pusat (PP) Muhammadiyah menilai positif silaturahmi yang dilakukan elite politik di tengah ibadah haji tahun ini. Pernyataan itu menanggapi pertemuan antara Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo dengan bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di Tanah Suci.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyebut pertemuan para elite politik di Tanah Suci merupakan berkah dari ibadah haji.

Pernyataan Mu'ti menanggapi pertemuan antara Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dengan bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan usai lempar jumrah. Sebelumnya, Anies juga kedapatan makan siang dengan bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

Baca juga: Pemilu 2024, Jokowi: Pesan Ibu Mega Sudah Jelas

"Pertemuan itu juga merupakan teladan, betapa pun mereka beda pilihan, tetap membangun komunikasi dan hubungan persaudaraan," kata Mu'ti kepada Media Indonesia, Jumat (30/6).

Ia berharap pertemuan para elite di tengah ibadah haji murni dari hati ke hati dan bukan sekadar basa-basi. Lebih lanjut, pihaknya mengharapkan agar pertemuan itu dapat dilanjutkan di tanah air sebagai bagian untuk menciptakan situasi sejuk jelang Pemilu 2024.

Baca juga: Jabat Tangan Pangeran Saudi MBS, Anies Baswedan Sampaikan Ini

Hal senada juga disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas yang mengatakan silaturahmi para elite politik di Mekkah sebagai hal positif dalam rangka agenda kemanusiaan universal dan pemberadaban negara. Namun, ia mengingatkan bahwa esensi dari silaturahmi adalah keikhlasan untuk jujur secara sosial politik.

"Tidak harus di Mekkah, dan yang penting menunaikan hasil silaturahmi dengan benar dan konkret serta tidak mempolitisasinya sebagai komodifikasi politik murahan," tandasnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat