visitaaponce.com

TPNPB-OPM Siap Bebaskan Pilot Susi Air Tanpa Tebusan

TPNPB-OPM Siap Bebaskan Pilot Susi Air Tanpa Tebusan
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera KKB Papua.(DOK TPNPB-OPM )

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM atau KKB Papua siap membebaskan pilot Susi Air asal Selandia Baru yang disandera sejak 7 Februari 2023. Menurut Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom, pembebasan Philip Mark Mehrtens yang ditawan pasukan Kodam III Egianus Kogeya tersebut dilakukan tanpa tebusan apa pun.

“Kita akan bebaskan pilot Susi Air ini atas nama kemanusiaan,” katanya ketika dihubungi Media Indonesia, Rabu, (5/7).

Sebby menyebutkan, pernyataan tersebut sekaligus membantah pernyataan Panglima TNI yang menyebutkan bakal membayar tebusan Rp5 miliar demi pembebasan Philip. Sejak awal, tegas Sebby, pihak TPNPB tidak pernah meminta tebusan uang atau pun senjata untuk pembebasan Philip.

Baca juga: Mahfud MD hingga Panglima TNI bakal Berkantor di Papua

“TNI/Polri melakukan pembohongan publik sebab TPNPB tidak pernah minta uang,” tegasnya.

Sebby belum menyebutkan kapan pihaknya bakal membebaskan Philip bakal direalisasikan. Saat ini, dirinya tengah berkomunikasi dengan divisi politik dan diplomasi TPNPB. “Kita juga melakukan komunikasi dengan pihak New Zealand,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Upayakan Pendekatan Lunak dan Keras untuk Bebaskan Kapten Susi Air

Sebby mengungkapkan, dirinya sudah berkomunikasi dengan Kodap III Ndugama pimpinan Egianus Kogeya dan mendapatkan respon positif. “TPNPB mengapresiasi apa yang dilakukan Egianus Kogeya dan pasukannya yang menjaga baik-baik pilot Susi Air dan mengangkat harkat masyarakat Papua,” jelasnya.

Pernyataan tersebut sekaligus mengakhiri spekulasi kalau TPNPB punya motif mencari uang dan senjata saat menyandera pilot Susi Air tersebut. “Kita ini kaya. Buat apa minta-minta uang,” pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat