visitaaponce.com

KPK Duga Rafael Alun Putar Duit Gratifikasi ke Beberapa Kegiatan Bisnis

KPK Duga Rafael Alun Putar Duit Gratifikasi ke Beberapa Kegiatan Bisnis
KPK menduga Rafael memutar uang hasil gratifikasi dalam beberapa kegiatan bisnis.(MI/Susanto)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo memutar uang gratifikasi yang diterimanya ke beberapa kegiatan bisnis. Informasi itu diulik dengan memeriksa tiga saksi pada Kamis, 20 Juli 2023.

"Para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya penempatan disertai perputaran aliran sejumlah uang oleh tersangka RAT (Rafael Alun Trisambodo) melalui beberapa kegiatan bisnis," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat (21/7).

Tiga saksi itu yakni pimpinan Money Changer Sandi Valas Ahmad Marzuki, wiraswasta Timothy Pieter Pribadhi, dan Komisaris Utama PT Keluarga Sehat Segar Sjamsuri Liga.

Baca juga: KPK Dapat Informasi Rafael Alun Terima Gratifikasi Melalui Perusahaannya

Ali enggan memerinci bisnis yang digeluti Rafael. KPK meyakini ada lebih dari satu kegiatan yang dimanfaatkan mantan PNS tajir itu untuk memperkaya dirinya.

KPK telah menyita aset berupa 20 tanah dan bangunan terkait dugaan gratifikasi dan pencucian uang mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo. Aset itu tersebar di tiga kota.

Baca juga: ASN Terlibat Penyalahgunaan TKD di Yogyakarta, Sri Sultan: Tanggung Sendiri!

"Pertama, sebanyak enam bidang tanah dan bangunan berada di Jakarta, tiga aset di Yogyakarta, dan 11 di Manado, Sulawesi Utara," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 22 Juni 2023.

Sebanyak 20 aset itu disita memaksimalkan pengembalian kerugian negara. KPK menaksir harganya mencapai ratusan miliar rupiah.

Total nilai barang sitaan itu belum final. KPK masih mencari aset Rafael yang diduga berkaitan dengan perkara. (Can)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat