visitaaponce.com

Presiden Jokowi Lantik 833 Calon Perwira Remaja TNI Polri

Presiden Jokowi Lantik 833 Calon Perwira Remaja TNI/ Polri
Sebanyak 833 calon perwira ramaja TNI dan Polri dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.(MI/Indriyani)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 833 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Pelantikan dilakukan pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2023, Rabu (26/7), di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023. Sementara itu, para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023. Calon Perwira Remaja TNI-Polri Tahun 2023 berjumlah 833 orang yang terdiri dari Capaja TNI Angkatan Darah (AD) 357 orang, Capaja TNI Angkatan Laut (AL) 94 orang, Capaja TNI Angkatan Udara (AU) 114 orang, serta Capaja Polri sejumlah 268 orang.

Pada pelantikan tersebut para capaja mengucapkan sumpah perwira. “Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Baca juga: Pengamat: Duet Prabowo – Erick Thohir Telah Dapat Dukungan dari Jokowi

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Laksamuda TNI Hersan turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Letnan Dua Sawung Setiawan (dari Akmil), Letnan Dua Pelaut Hermawan Burhanudin Tri Putro, (dari AAL), Letnan Dua Penerbang Muhammad Galuh Safari Rahma (dari AAU) dan Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis (dari Akpol).

Turut mendampingi Presiden di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. 

Baca juga: Temui Xi Jinping, Jokowi Harus Tekankan Ini

Dalam arahannya, Presiden meminta agar taruna taruni yang telah dilantik menjadi Perwira dari TNI dan Polri bisa menjadi pemimpin yang teladan dan cakap memahami masa depan, memahami strategi pertahanan masa depan, menghadapi tantangan masa depan hingga menguasai teknologi masa depan. Jadilah pemimpin yang berkarakter menjadi sumber inspirasi dan teladan mengedepankan integritas dan kepentingan negara diatas segala-galanya, mengasah kualitas dan profesionalisme diri, menjaga nilai-nilai prajurit.

"Mulai hari ini saudara-saudara akan memulai perjalanan pengabdian yang nyata membuktikan kemampuan dan kesetiaan dalam mengemban tugas negara dalam melayani masyarakat bangsa dan negara. Tugas saudara-saudara tidak mudah. Tidak mudah menjaga stabilitas keamanan negara, menjaga tegaknya NKRI, meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa," ujar Presiden.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat