visitaaponce.com

Pengamat Duet Prabowo Erick Thohir Telah Dapat Dukungan dari Jokowi

Pengamat: Duet Prabowo – Erick Thohir Telah Dapat Dukungan dari Jokowi
Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri).(Antara/Dhemas Reviyanto )

PENGAMAT politik dari Universitas Esa Unggul (UEU), Jamiluddin Ritonga, menyatakan duet calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil Presiden (cawapres) Erick Thohir telah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Dukungan ini terlihat jelas dari banyaknya momen-momen kebersamaan Jokowi bersama pasangan Prabowo – Erick Thohir di tengah tahun politik saat ini.

Terbaru, ketiganya terlihat melakukan kunjungan kerja (kunker) bersama ke Malang, Jawa Timur (Jatim). Dalam kunker ini, bahkan terdapat momen kebersamaan yang sarat akan simbolisasi penegasan dukungan Jokowi kepada duet Prabowo – Erick Thohir.

Baca juga: Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Erick Thohir Dinilai Punya Makna Politik

Momen ini adalah ketika Jokowi disupiri mobil Maung bertuliskan Indonesia oleh Prabowo dan Erick Thohir mendampingi di kursi penumpang depan. 

"Jadi, Jokowi tampaknya semakin ingin menegaskan dukungannya kepada Prabowo. Dukungan itu diperjelas dengan menyandingkan Prabowo dengan Erick Thohir," terang Jamaluddin dalam keterangan pers, Selasa (25/7).

Tak hanya momen kunker ke Malang ini saja, sebelumnya Jokowi juga melakukan pertemuan tertutup bersama Prabowo – Erick Thohir di Istana Bogor pada hari Minggu kemari (16/07).

Ketiganya Tak Menampik Kode Menuju ke Pilpres 2024

Ketiganya menampik tidak ada kode-kode menuju ke Pilpres 2024 mendatang namun berbagai pertemuan dan kebersamaan yang dilakukan sarat akan muatan politik.

Baca juga: PKB Menganggap Prabowo Berkhianat Jika Tak Pilih Cak Imin sebagai Cawapres

Kemudian Jamaluddin mengatakan Jokowi sebelumnya juga telah menyuarakan akan cawe-cawe menuju Pilpres 2024 mendatang. Maka dari itu, pertemuan dan momen-momen kebersamaan antara ketiganya sulit untuk disangkal tidak bermuatan politik menuju pesta demokrasi lima tahunan mendatang.

Baca juga: Prabowo dan Erick Tunjukkan Kedekatan dengan Jokowi dan Iriana saat Kunjungan Kerja

"Keberadaan Jokowi yang gemar cawe-cawe kiranya menambah kuat pesan politiknya," terang Jamiluddin yang merupakan mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini.

Seperti diketahui, Prabowo – Erick Thohir kompak mendampingi Jokowi melakukan kunjungan ke Malang, Jatim.

Dalam kunker kali ini, ketiga sosok pemimpin Indonesia tersebut mengunjungi PT Pindad (Persero), mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Bululawang Malang dan membagikan paket sembako melalui acara Pasar Rakyat di Lapangan Rampal Kota Malang. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat