visitaaponce.com

IDI Beberkan Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

IKATAN Dokter Indonesia (IDI) mengungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap terdakwa Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe. Lukas mengalami sejumlah masalah kesehatan, namun tetap bisa mengikuti persidangan.

“Saat terperiksa diperiksa, didapatkan kondisi riwayat strok nonpendarahan dengan gejala sisa,” kata salah satu jaksa saat membacakan kesimpulan second opinion IDI di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (1/8).

IDI mengatakan Lukas juga mengalami diabetes melitus tipe 2 terkontrol tanpa obat. Kemudian hipertensi dengan penyakit jantung koroner, tanpa tanda-tanda gagal jantung.

Baca juga: Hakim akan Dengarkan Pendapat IDI Soal Kesehatan Lukas Enembe

“Berikutnya, penyakit ginjal kronik stadium 5 atau stadium akhir akibat komplikasi diabetes melitus,” papar jaksa.

Jaksa menyebut tim dokter telah menganjurkan Lukas melakukan cuci darah. Namun Lukas dan keluarganya tidak merespons. “Selanjutnya, kondisi gambaran kekurangan sel darah merah,” ujar dia.

Baca juga: KPK Pastikan Persidangan Lukas Enembe Dilaksanakan Sampai Vonis

IDI tidak menemukan adanya kelumpuhan pada saraf-saraf otak. Kemudian ada perbaikan penguatan otot anggota gerak tubuh sisi kanan. “Terakhir, tidak ditemukan adanya gangguan kejiwaan yang berat atau serius,” tutur jaksa.

Lukas mampu mengendalikan emosi secara baik dan berpikir rasional. Termasuk, memiliki fungsi kognitif yang cukup baik.

“Berdasarkan pertimbangan tim pemeriksa, menyimpulkan saat ini terperiksa dinilai laik menjalani proses persidangan atau fit to stand trial,” jelas jaksa.

Pemeriksaan dilakukan pada Jumat, 28 Juli 2023. Sebanyak delapan dokter dari IDI mengecek Lukas mulai dari Zubaidi Djoerban, Agus Purwadianto, hingga Djoko Wibisono. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat