visitaaponce.com

Duit Suap Jalur Kereta Disebar ke Sejumlah Pejabat Kemenhub

Duit Suap Jalur Kereta Disebar ke Sejumlah Pejabat Kemenhub
KPK menduga uang hasil suap pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta dibagikan ke sejumlah pejabat Kemenhub.(Medcom/Fachri)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga uang suap pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta disebar ke sejumlah pejabat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal tersebut berdasarkan pengungkapan dua saksi.

"Kedua saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran uang ke beberapa pejabat di Kemenhub," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (8/8).

Dua saksi itu yakni wiraswasta Roni Gunawan dan Mustono. Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu enggan memerinci lebih lanjut identitas pejabat yang diduga diguyur uang panas.

Baca juga: KPK Buka Peluang Kembali Panggil Menteri Perhubungan

KPK sejatinya sedang mendalami keterlibatan sejumlah pejabat dalam kasus ini. Salah satunya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang disebut kerap menitipkan kontraktor untuk mendapatkan proyek di Kemenhub.

Dugaan titipan Budi Karya itu merupakan fakta persidangan kasus suap jalur kereta di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Semarang pada Kamis, 3 Agustus 2023. Informasi itu dicetuskan oleh Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Harno Trimadi saat bersaksi.
 
Baca juga: KPK Rangkai Teka-teki Keterlibatan Menhub dalam Kasus Suap Jalur Kereta

KPK telah memeriksa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mendalami perkara ini. Dia diminta menjelaskan proses pengawasan pengerjaan proyek di instansinya.

"Dikonfirmasi juga mengenai bentuk pengawasan dan evaluasi atas pelaksanaan proyek tersebut," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 27 Juli 2023.
 
Ali enggan memerinci jawaban Budi kepada penyidik. Dia juga diminta menjelaskan mekanisme pengadaan proyek yang bermasalah di Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat