visitaaponce.com

Lantik 383 Perwira Remaja TNI, Panglima TNI Senantiasa Jaga Kedaulatan NKRI

Lantik 383 Perwira Remaja TNI, Panglima TNI : Senantiasa Jaga Kedaulatan NKRI
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melantik perwira remaja TNI(MI/Rifaldi Putra Irianto)

PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono resmi melantik 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023 dan 33 Perwira Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) di Stadion Olahraga Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (9/8).

Adapun dari 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2023 yang dilantik, para personel terdiri dari 136 Matra Darat, 136 personel Matra Laut dan 78 personel Matra Udara. Sedangkan 33 Perwira PSDP terdiri dari 10 personel Matra Darat, 20 personel Matra Laut dan 3 personel Matra Udara.

"Pada kesempatan yang membanggakan ini saya mengucapkan selamat kepada 383 perwira remaja TNI yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik. Sehingga sama-sama pada hari ini bisa dilantik mejadi perwira yang baik," ucap Yudo Margono dalam sambutannya, Rabu (9/8).

Baca juga : TNI Aktif tak Bisa Ujug-Ujug Jadi Pj Kepala Daerah

Dengan resmi dilantiknya 383 perwira, Yudo pun berpesan agar mereka dapat mengabdi secara total terhadap merah-putih dan senantiasa menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kalian telah menjadi bagian garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI. Harapan wajah dan masa depan TNI terletak dipundak kalian semuanya," tutur Yudo.

Baca juga : PM Selandia Baru Minta Kapten Philip Mehrtens Segera Dibebaskan, Ini Jawaban TNI

"Jadikan sifat tanggap, tangguh dan terngginas yang telah kalian miliki sebagai bekal awal dalam mengabdi secara total terhadap merah-putih, kepada NKRI dan kepada rakyat Indonesia," tegasnya.

Dijelaskan Yudo, dengan perkembangan zaman yang terus terjadi, tantangan para perwira TNI di masa depan akan semakin kompleks.

Yudo mengatakan, Situasi geopolitik global yang tidak menentu dan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi yang sangat pesat menyebabkan potensi ancaman tidak hanya berkonsentrasi terhadap ancaman konvensional.

"(Potensi ancaman) Terus berkembang menjadi ancaman yang sangat multi dimensi, seperti ancaman siber, ancaman geologis, ancaman kecerdasan buatan dan ancaman lainnya yang bisa merongrong kedaulatan NKRI," ucap Yudo.

"Kondisi ini menuntun kalian sebagai generasi muda TNI, untuk terus mengisi diri, beradaptasi secara cermat, menrangsang diri, terus berlatih serta terus berinovasi untuk mendukung pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi TNI," jelasnya.

Dalam menjalankan tugas, Yudo juga meminta kepada para perwira untuk selalu berpegang teguh terhadap sejumlah hal termasuk diantaranya kode etik perwira.

"Jadikan kode etik perwira, budhi bakti wira utama, sapta marga TNI, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI sebagai pedoman setiap melaksanakan tugas," tukasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat