visitaaponce.com

Cerita KPK Sempat Cari Harun Masiku di Luar Negeri

Cerita KPK Sempat Cari Harun Masiku di Luar Negeri
Dosa Harun Masiku.(MI)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pencarian buronan sekaligus caleg dari PDIP Harun Masiku di luar negeri beberapa waktu lalu bukan sekedar gimik. Sebab, Lembaga Antirasuah dapat informasi dari otoritas setempat.

"Kami tidak mencarinya sampai negeri tetangga, ke luar negeri, dan kami juga masuk ke wilayah itu tentu sesuai pengetahuan dari otoritas penegak hukum di sana," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Agustus 2023.

Ali menjelaskan pencarian Harun di luar negeri dilakukan secara gabungan oleh otoritas setempat. Namun, dia memang belum ditemukan.

Baca juga : KPK Fokuskan Pencarian Harun Masiku di Indonesia

"Kami dibantu di sana untuk mencari masuk ke wilayah-wilayah dalam rangka pencarian tersangka Harun Masiku itu, ternyata kemudian memang belum ditemukan keberadaannya," ucap Ali.

KPK menyebut hingga kini belum ada perintangan dalam pencarian Harun. Menurut Ali, jejak yang sudah terendus memang belum sampai ke lokasi persembunyian utamanya.

Baca juga : Jangan Korbankan Hidupmu, Harun Masiku

"Yang pasti tidak ada hambatan ataupun kesulitan ya di dalam pencarian DPO saat ini, tetapi, karena memang belum ketemu, kan begitu ya," ujar Ali.

 

Infografis Harian Media Indonesia Halaman 2 Edisi Rabu, 9 Agustus 2023

 

Mabes Polri kantongi data pelarian Harun Masiku

Dalam keterangannya, Mabes Polri menegaskan buronan sekaligus mantan calon anggota legislatif (Caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku berada di Indonesia. Data perlintasan mengidentifikasikan tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu itu tidak sedang di luar negeri.
 
"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri," kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 7 Agustus 2023.
 
Krishna mengamini Harun sempat pergi ke luar negeri. Saat ini, dia sudah kembali lagi ke Indonesia. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat