visitaaponce.com

DE Sudah Jadi Teroris Sebelum Masuk PT KAI

DE Sudah Jadi Teroris Sebelum Masuk PT KAI
DE diketahui sudah bergabung menjadi teroris sebelum masuk menjadi karyawan PT KAI.(Medcom/Siti Yona Hukmana)

DE, 28, karyawan BUMN di PT Kereta Api Indonesia (KAI) ditangkap kasus dugaan tindak pidana terorisme. DE diketahui sudah bergabung menjadi teroris sebelum masuk menjadi karyawan PT KAI.

"Ya jadi dari catatan tentang status karyawannya dia itu bergabung 2016 sebagai karyawan PT KAI," kata juru bicara Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (15/8).

Aswin mengatakan DE bergabung dengan kelompok teroris pada 2010. Berawal dengan menjadi jamaah Mujahidin Indonesia Barat (MIB) di Bandung, Jawa Barat dengan pimpinan WM yang sudah ditangkap. Namun, jemaahnya bubar dan menyebar, salah satunya DE.

Baca juga: KAI Tegaskan Sudah Lakukan Pencegahan Terorisme

"Jadi setelah dia awal tadi pertama dia bergabung dengan MIB di Bandung menjadi jamaah di WM yang sudah ditangkap itu, kemudian 2014 dia menyatakan baiat tunduk kepada Amir ISIS kemudian 2016 baru dia terdaftar sebagai karyawan PT KAI," bener Aswin.

Densus masih mengembangkan kasus ini. Pengembangan dilakukan dengan memeriksa intensif DE dan mencari dokumen-dokumen terkait perjalanan DE di kelompok terorisme hingga mendaftar sebagai karyawan BUMN.

Baca juga: Karyawan BUMN Pelaku Terduga Terorisme di Bekasi Ditangkap

Tim Densus 88 menangkap DE pada Senin siang, 14 Agustus 2023 di Jalan Raya Bulak Sentul, Harapan Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. DE telah ditetapkan tersangka.

Total ada 16 senjata api disita, baik pabrikan maupun rakitan. DE diduga terafiliasi dengan jaringan ISIS. (Z-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat